Tautan-tautan Akses

Pendiri Gereja Unifikasi Sun Myung Moon Meninggal dalam Usia 92 tahun


Pendiri Gereja Unifikasi, Sun Myung Moon saat berbicara dalam sebuah acara di New York, AS (foto dok: tahun 2005).

Pendiri Gereja Unifikasi, Sun Myung Moon saat berbicara dalam sebuah acara di New York, AS (foto dok: tahun 2005).

Sun Myung Moon, pendiri Gereja Unifikasi dan salah satu orang Korea paling terkenal di dunia telah meninggal dunia dalam usia 92 tahun.

Gereja Unifikasi di Korea Selatan menyatakan pendirinya mengalami komplikasi akibat pneumonia pada hari Senin, di sebuah rumah sakit yang dikelola gereja, di bagian timur Seoul.

Kekaisaran bisnis global Moon bernilai miliaran dolar. Di Amerika Serikat, gereja ini menguasai surat kabar Washington Times dan Hotel New Yorker di Manhattan.

Gereja yang didirikan tahun 1954 itu memiliki jutaan pengikut di seluruh dunia. Dalam beberapa dasawarsa belakangan, gereja ini mengadakan sejumlah acara pernikahan massal bagi ratusan jemaat gereja yang dipilih Moon untuk dinikahkan satu sama lain. Ia biasanya mengenakan jubah penuh hiasan dan mahkota sewaktu memimpin upacara-upacara semacam itu.

Para jemaat Gereja Unifikasi juga dikenal memiliki komitmen ekstrem terhadap organisasi ini, dalam beberapa hal menyerahkan seluruh penghasilan mereka untuk gereja.

Taktik yang diduga digunakan gereja itu –yakni taktik memperdaya untuk merekrut jemaat dan mengontrol ketat kehidupan mereka – mendorong para pengecam untuk mencela kelompok itu dan menganggapnya lebih sebagai suatu kultus, bukannya aliran keagamaan.
XS
SM
MD
LG