Tautan-tautan Akses

AS

Pendapatan Bersih Fiat Chrysler Anjlok di Kwartal Ketiga


Mobil Fiat Chrysler, minivan Dodge di pabrik Windsor di Windsor, Ontario, 9 Februari 2015. (Foto: dok.)

Mobil Fiat Chrysler, minivan Dodge di pabrik Windsor di Windsor, Ontario, 9 Februari 2015. (Foto: dok.)

Pendapatan bersih Fiat Chrysler anjlok 89% dalam kwartal ketiga karena perusahaan itu menyisihkan jutaan dolar untuk mengongkosi penarikan mobil-mobilnya di masa depan karena alasan keamanan.

Perusahaan mobil di The Auburn Hills, Michigan itu mengatakan keuntungan bersih antara bulan Juli hingga September mencapai 70 juta dolar atau anjlok drastis dibanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai 611 juta dolar.

Fiat Chrysler mengumumkan ongkos-ongkos sebelum dipotong pajak yang bernilai lebih dari satu milyar dollar, termasuk yang akan digunakan untuk penarikan sebesar 848 juta dolar dan perbaikan kerusakan mobil akibat ledakan di pelabuhan China bulan Agustus lalu yang mencapai 159 juta dolar.

Tanpa biaya-biaya tersebut perusahaan itu sedianya meraih laba operasi hampir 1,3 milyar dolar atau 34% lebih tinggi dibanding tahun lalu.

Perusahaan itu menggantungkan harapan pada naiknya penjualan mobil jenis Jeep di seluruh dunia dan meningkatnya pendapatan dari penjualan itu. Pendapatan naik 5% menjadi 21,8 milyar dolar. [em/ii]

XS
SM
MD
LG