Tautan-tautan Akses

Para Pendaki Padati Gunung Everest


Akhir pekan dengan cuaca baik membuat banyak pendaki berusaha mencapai puncak gunung berketinggian 8.850 meter (foto: dok).

Akhir pekan dengan cuaca baik membuat banyak pendaki berusaha mencapai puncak gunung berketinggian 8.850 meter (foto: dok).

Banyak pendaki memanfaatkan apa yang dianggap akhir pekan bercuaca baik terakhir untuk mencapai puncak ketinggian 8.850 meter.

Pejabat-pejabat Nepal mengatakan setidaknya 50 pendaki mencapai puncak tertinggi di dunia itu Jumat pagi. Hampir 100 pendaki lain juga dalam perjalanan menuju puncak Gunung Everest.

Pekan lalu, empat orang tewas dalam perjalanan turun dari puncak ketika total lebih dari 150 orang mencoba mencapai puncak, meningkatkan kekhawatiran tentang padatnya pendaki di gunung tersebut.

Para pakar mengatakan pendaki mungkin pada akhirnya harus menunggu di Everest, yang membuat mereka rentan terkena serangan dingin dan kekurangan oksigen. Di antara para pendaki musim ini adalah Tamae Watanbe, berusia 73 tahun dari Jepang yang mengalahkan rekor sendiri sebagai perempuan tertua yang pernah mencapai puncak tertinggi dunia itu.

Lebih dari 3.000 orang telah mendaki Everest sejak Edmund Hillary dan Tenzing Norgay menjadi orang pertama yang mencapai puncak itu tahun 1953. Setidaknya 220 orang meninggal selagi berusaha mencapai puncak Everest.
XS
SM
MD
LG