Tautan-tautan Akses

AS

Pencurian Harta Intelektual AS oleh China Capai $300 Miliar/Tahun


Mantan Dubes AS untuk China, Jon Huntsman (Foto: dok).

Mantan Dubes AS untuk China, Jon Huntsman (Foto: dok).

Dewan penasehat swasta AS mengatakan meningkatnya pencurian harta intelektual terutama oleh China, telah merugikan Amerika lebih dari $ 300 miliar setiap tahun.

Laporan yang dirilis oleh komisi terkait Pencurian Harta Intelektual Amerika menyarankan Amerika untuk mengambil tindakan lebih keras untuk menanggapi masalah tersebut, termasuk sanksi ekonomi, larangan impor dan memasukkan pelaku pencurian tersebut dalam daftar hitam pasar keuangan.

Panel yang tidak partisan dan terdiri dari para mantan pejabat tinggi Amerika tersebut menyarankan agar penasehat keamanan nasional presiden dapat membantu memimpin tanggapan atas pencurian rahasia dagang itu.

Salah seorang ketua panel tersebut, Jon Huntsman, mengatakan strategi Washington sekarang ini tidak memadai, dan tidak memberi keburukan yang cukup bagi pihak yang melakukan pencurian harta intelektual.

Jon Huntsman, mantan dutabesar Amerika untuk China dan pernah menjadi kontestan calon presiden Amerika dari partai Republik, menyarankan agar Presiden Barack Obama mengangkat masalah itu dengan jelas kepada Presiden China Xi Jinping.
XS
SM
MD
LG