Tautan-tautan Akses

Pencarian Pesawat Malaysia Mencakup 7 Juta Kilometer Persegi


Kapal Angkatan Laut Malaysia, KD Selangor, ikut membantu upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 (17/3).

Kapal Angkatan Laut Malaysia, KD Selangor, ikut membantu upaya pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 (17/3).

Pencarian kini sudah berlangsung 11 hari tapi personil militer dari 26 negara tampaknya masih belum ada tanda-tanda menemukan pesawat jet penumpang Malaysia Airlines.

Pihak berwenang Malaysia hari Selasa (18/3) mengatakan, pencarian pesawat Boeing 777 dengan 239 orang di dalamnya telah diperluas hingga mencakup lebih dari tujuh juta kilometer persegi. Itu merupakan daerah sebesar Australia mulai dari Asia Tengah di utara ke Samudra Hindia di bagian selatan.

Militer Thailand hari Selasa telah merilis informasi radar baru yang bisa mendukung laporan-laporan sebelumnya bahwa pesawat jet Malaysia Airlines itu membelok tajam ke arah barat menuju Selat Malaka setelah kontak terakhirnya direkam 8 Maret dini hari di sebelah utara Malaysia. Pesawat itu dalam penerbangan yang sesuai jadwal dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Pemerintah Thailand mengatakan radarnya mendeteksi sebuah pesawat yang mungkin adalah nomor penerbangan 370 yang hilang itu, tapi semula tidak menaruh perhatian pada jet itu karena tidak merupakan ancaman bagi keamanannya.

Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein menghimbau kerjasama internasional yang lebih besar untuk membantu mempertajam pencarian. Pihak berwenang yakin jet itu dengan sengaja dialihkan dan diterbangkan kalau tidak ke Asia Tengah atau di atas Samudra Hindia.

Pihak berwenang tidak bersedia mengesampingkan setiap kemungkinan termasuk aksi teroris, pembajakan, kerusakan mesin atau kemungkinan pilot bunuh diri.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG