Tautan-tautan Akses

Pencarian MH370: Australia Selidiki Material yang Terdampar di Pantai


Kendaraan Bawah Air Autonomous (AUV) Artemis diangkat oleh kapal milik Dephan Australia Ocean Shiled seusai misi pencarian pesawat MH370 di Samudera Hindia, 19 April 2014 (Foto: dok).

Kendaraan Bawah Air Autonomous (AUV) Artemis diangkat oleh kapal milik Dephan Australia Ocean Shiled seusai misi pencarian pesawat MH370 di Samudera Hindia, 19 April 2014 (Foto: dok).

Badan Australia yang mengkoordinasi pencarian atas pesawat Malaysia Airlines 370 mengatakan benda tak dikenal telah terdampar di Australia barat dan pejabat sedang menyelidiki apakah benda itu berkaitan dengan pesawat yang hilang itu.

Dalam sebuah pernyataan, Badan Pusat Koordinasi Gabungan mengatakan para pejabat sedang "memeriksa foto-foto benda tersebut untuk menentukan apakah analisis fisik lebih lanjut diperlukan dan jika ada relevansi dengan pencarian pesawat MH370 yang hilang."

Pencarian multinasional besar-besaran tidak menemukan jejak pesawat tersebut, hampir tujuh minggu setelah Boeing 777 itu menghilang secara misterius saat dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing dengan 239 orang di dalamnya.

Sebelumnya hari Rabu (23/4), para pejabat Australia bertekad akan melanjutkan pencarian, selagi sebuah kapal selam robot akan menyelesaikan tahap pertama, yang sejauh ini, pemindaiannya di dasar laut Samudera Hindia tidak berhasil.

Badan Pusat Koordinasi Gabungan itu mengatakan kapal selam tak berawak Bluefin-21 telah menyelesaikan lebih dari 80 persen dari misi pertamanya tanpa menemukan "kontak yang menarik."

Perdana Menteri Tony Abbott mengatakan hari Rabu (23/4) jika kapal selam robot itu gagal menemukan puing-puing apapun, pemerintah akan "memikirkan kembali pencarian itu." Namun dia mengatakan pencarian itu tidak akan ditinggalkan. Dia mengatakan keluarga korban berhak tahu apa yang terjadi.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG