Tautan-tautan Akses

Pencarian Lewat Udara Pesawat Malaysia Airlines Dihentikan


Para awak yang terlibat dalam pencarian lewat udara pesawat Malaysia Airlines MH370 (foto: dok).

Para awak yang terlibat dalam pencarian lewat udara pesawat Malaysia Airlines MH370 (foto: dok).

Pencarian lewat udara dihentikan Rabu (30/4) dengan mempertimbangkan kemungkinan ditemukannya puing-puing pesawat itu di permukaan air semakin menipis.

Pencarian udara pesawat Malaysia yang hilang telah secara resmi dihentikan. Pesawat militer yang ditugaskan melakukan pencarian telah meninggalkan kawasan di Samudera Hindia di mana pesawat itu diyakini jatuh.

Angkatan Laut Amerika mengeluarkan sebuah pernyataan, Rabu, yang mengatakan bahwa kapal Komando Armada Ketujuh USS Blue Ridge telah menghentikan operasi pencarian dan kapal itu akan kembali menjalankan tugas-tugas lain pekan ini.

Malaysian Airlines dengan nomor penerbangan MH370 mengangkut 239 penumpang ketika menghilang pada 8 Maret dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Komandan Angkatan Laut Amerika William Marks mengatakan, keputusan untuk menghentikan penggunaan pesawat pencari itu dibuat setelah berlangsung koordinasi erat dengan pemerintah Malaysia dan Australia yang beranggapan bahwa kemungkinan ditemukannya puing-puing pesawat itu di permukaan air semakin menipis.

Sebelumnya pekan ini, PM Australia Tony Abbott mengatakan pencarian itu akan memasuki tahap baru dengan mengoperasikan kendaraan-kendaraan selam yang akan melakukan operasi pencarian di kawasan yang jauh lebih luas di dasar laut.
XS
SM
MD
LG