Tautan-tautan Akses

AS

Pencapaian Obama Disamai oleh Hanya 3 Presiden AS Lain


Presiden AS Barack Obama menerima jaket almamater dari Lake Area Technical Institute di Watertown, South Dakota (8/5) usai memberikan pidato kelulusan. (Reuters/Jonathan Ernst)

Presiden AS Barack Obama menerima jaket almamater dari Lake Area Technical Institute di Watertown, South Dakota (8/5) usai memberikan pidato kelulusan. (Reuters/Jonathan Ernst)

Barack Obama mencatat prestasi yang dicapai oleh hanya tiga presiden AS lain, yaitu menjejakkan kaki di ke-50 negara bagian Amerika Serikat.

Jumat lalu, setelah terbang ke South Dakota untuk menyampaikan pidato kelulusan, Barack Obama mencatat prestasi yang dicapai oleh hanya tiga presiden AS lain sebelumnya, yaitu menjejakkan kaki di ke-50 negara bagian Amerika Serikat.

"Saya sekarang telah mendatangi semua negara bagian sebagai presiden dan saya menjadikan yang terbaik sebagai penutup," ujarnya pada kerumunan di Lake Area Technical Institute. “Kepada 49 negara bagian lain, saya harap kalian tidak tersinggung."

Presiden-presiden lain yang telah mengunjungi 50 negara bagian adalah Richard Nixon, George H.W. Bush dan Bill Clinton.

Sementara beberapa orang di South Dakota memakai kaos "Saved the Best for Last" sebelum kunjungan presiden, panglima tertinggi militer tersebut punya alasan tersendiri untuk tidak terburu-buru ke sana. South Dakota adalah negara bagian yang didominasi Partai Republik dan tidak memberikan suara untuknya dalam dua pemilihan presiden terakhir.

Ketika mengumumkan kunjungan terakhirnya bulan lalu, Obama mengatakan kepada stasiun televisi lokal KSFY-TV, “Saya tidak bisa membiarkan sahabat-sahabat saya di South Dakota merasa terabaikan."

Dalam upayanya mengunjungi semua negara bagian, Obama tahun lalu pergi ke beberapa negara bagian merah (dominasi Republik) tempat ia kalah dengan margin besar baik pada 2008 maupun 2012. Bulan Januari, ia mengunjungi Idaho, tempat ia kalah 65 persen sampai 33 persen selama pemilihan umum 2012.

"Saya dikalahkan dua kali," ujarnya ketika mengunjungi Boise State University, menurut CBS News. “Saya dikalahkan dua kali. Tapi tidak apa-apa, saya tidak merasa dendam."

​Pete Souza, kepala fotografer Gedung Putih, ikut serta dalam setiap kunjungan ini dan membuat seri foto perjalanan Obama ke (hampir) setiap sudut negara yang ia pimpin.

XS
SM
MD
LG