Tautan-tautan Akses

Penawaran Perdana Saham Facebook Targetkan 5 Milyar Dolar


CEO Facebook, Mark Zuckerberg di kantor pusat facebook di Palo Alto, California (Foto: dok).

CEO Facebook, Mark Zuckerberg di kantor pusat facebook di Palo Alto, California (Foto: dok).

Perusahaan situs pertemanan Facebook, diperkirakan akan mengajukan surat-surat yang rumit untuk penawaran perdana sahamnya (IPO), hari ini.

Laporan berita keuangan mengatakan situs jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook, akan berusaha memperoleh 5 milyar dolar atau lebih ketika perusahaan itu mengajukan surat-suratnya hari ini untuk menawarkan penjualan perdana sahamnya. Penawaran saham kepada umum untuk pertama kalinya juga dinamakan dengan singkatan “IPO.”

Setiap saham memberi kepada pembeli saham tersebut bagian kepemilikan perusahaan itu, dan membantu perusahaan tersebut mengumpulkan dana untuk perluasan perusahaan, membayar hutang atau mencapai sasaran lain.

Obligasi adalah cara lain untuk mengumpul dana. Ini membiarkan perusahaan tetap memiliki secara penuh perusahaan itu, tetapi dana yang diperolehnya adalah pinjaman yang harus dibayar kembali.

Perusahaan online itu diperkirakan akan mengajukan surat-surat yang rumit untuk IPO, hari ini. Pelaksanaan penjualan saham itu kemungkinan akan diadakan beberapa bulan kemudian, dan beberapa analis menaksir nilai pasar keseluruhan perusahaan Facebook itu mungkin sampai sebesar 100 milyar dolar.

XS
SM
MD
LG