Tautan-tautan Akses

Penata Makanan, Profesi Menarik Namun Tuntut Ketelitian

  • June Soh

Penata makanan Lisa Cherkasky tengah menyiapkan sandwich ikan.

Penata makanan Lisa Cherkasky tengah menyiapkan sandwich ikan.

Penghias makanan harus mempunyai mata yang jeli, sehingga mampu membuat makanan kelihatan enak dan menggoda di dalam foto.

Kalau orang berbicara tentang penata gaya atau stylist, biasanya mereka berpikir tentang dunia tata busana dan tata rambut. Banyak orang belum mendengar tentang penata makanan atau food stylist. Tapi, kalau kita melihat di buku memasak, di kolom makanan di surat kabar, atau di iklan rumah makan di TV, bisa dipastikan makanan itu dihias oleh seorang penata makanan.

Bagi Lisa Cherkasky, tiap detil punya pengaruh besar. Dia terus mencari posisi yang tepat untuk menghias roti tangkep isi ikan salem. Setelah dicoba beberapa kali, roti tangkep itu siap difoto dan dia berharap ini jepretan terakhirnya. Ia mengatakan,"Saya suka begini. Roti ini kelihatan bagus!"

Cherkasky adalah seorang penata makanan. Pekerjaannya membuat makanan kelihatan enak dan menggoda di dalam foto.

Cherkasky mengatakan, "Penghias makanan mempunyai mata yang jeli, mampu melihat sebuah foto, dan melihat jika makanan yang akan difoto itu, memerlukan warna lain atau penyesuaian lain. Anda juga harus mengerti tentang makanan. Anda mengerti susunan kimianya, dan apapun yang berkaitan dengan memasak makanan yang enak. Jadi, seperti melukis, atau seperti seorang pemahat obyeknya harus punya daya tarik dari sudut estetika”.

Sekarang ini, Cherkasky sedang menghias roti dari perusahaan roti Gold Crust.Pemilik perusahaan itu, Nausika Lyubinsky, mengamati langkah demi langkah proses Lisa menghias roti.Cherkasky mendapat bahan-bahannya, memasak dan menghiasnya, untuk siap difoto.

Dia sering menggunakan alat-alat lain untuk tipu daya di kamera.
“Bisa saja menggunakan alat pengelupas cat karena menghasilkan panas, tapi tidak meniupkan udara seperti kalau memakai alat pengering rambut, jadi kita bisa menghangatkan sesuatu dengan itu. Bisa juga dengan alat pemanggang supaya ada tanda panggangannya. Saya memakai minyak yang saya semprotkan, agar makanan kelihatan basah,” ujarnya.

Lisa Cherkasky sudah menerbitkan beberapa buku masakan hasil kolaborasi dengan fotografer Renee Comet.

Lisa Cherkasky sudah menerbitkan beberapa buku masakan hasil kolaborasi dengan fotografer Renee Comet.

Cherkasky mulai mempelajari makanan di dalam dapur keluarganya sejak jadi pelajar SMA. Dia belajar di Institut Tata Boga Amerika di New York dan bekerja sebagai koki selama lebih dari sepuluh tahun.

Lebih lanjut ia mengatakan, “Lalu saya ingin pindah dari bekerja di rumah makan. Saya mulai bekerja di Time-Life Books di Alexandria, negara bagian Virginia.Mengembangkan resep masakan dan menata makanan adalah bagian dari pekerjaan saya”.

Sejak itulah, dia menjadi penghias makanan dan bermitra dengan juru foto makanan, Renee Comet.

“Kami bekerja bersama.Kalau saya tidak punya penghias makanan, saya tidak dapat memusatkan perhatian pada apa yang harus saya lakukan. Itu bagian yang membuat foto bagus. Lisa dan saya mungkin sudah memotret untuk 30 buku memasak bersama-sama selama bertahun-tahun," ujar Comet.

Cherkasky punya pelanggan di majalah, buku memasak, surat kabar, took-toko roti dan beberapa perusahaan makanan. Nausika Lyubinsky dari perusahaan roti Gold Crust sedang berencana menampilkan produk-produknya di situs internet.

Bertolak dari pengalaman Cherkasky, penata makanan membantu kita menyukai makanan. Cherkasky mengatakan, dia suka melihat makanan, menyantapnya dan membaca buku tentang tata boga. Menurutnya, makanan menciptakan kebersamaan dan hal itu penting dalam hidup ini.



XS
SM
MD
LG