Tautan-tautan Akses

AS

Penasehat Keamanan Nasional Amerika Tiba di Pakistan


Penasehat Keamanan Nasional AS Susan Rice bertemu dengan Perdana Menteri Muhammad Nawaz Sharif di kediaman PM, Islamabad, Pakistan, 30 Agustus 2015.

Penasehat Keamanan Nasional AS Susan Rice bertemu dengan Perdana Menteri Muhammad Nawaz Sharif di kediaman PM, Islamabad, Pakistan, 30 Agustus 2015.

Penasehat Keamanan Nasional Amerika Susan Rice telah tiba di Islamabad, Pakistan dalam kunjungan yang sebelumnya tidak diumumkan, guna bertemu dengan pejabat-pejabat senior pemerintah dan militer Pakistan.

Pejabat-pejabat Pakistan yang tidak ingin identitasnya dipublikasikan mengatakan kepata VOA, Rice akan bertemu dengan Perdana Menteri Nawaz Sharif dan panglima militer Pakistan pada hari Minggu (30/8).

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan perundingan itu diperkirakan akan memusatkan perhatian pada kepentingan dan keprihatinan bersama, “khususnya tentang serangan militan dan teroris yang dilakukan dari wilayah Pakistan.” Rice tampaknya juga akan membahas peran Pakistan dalam perundingan perdamaian Afghanistan dengan Taliban dan peningkatan ketegangan antara Pakistan dan India baru-baru ini.

Wartawan VOA Ayaz Gul melaporkan pejabat-pejabat Pakistan mengatakan dalam perundingan dengan Rice, mereka akan menekankan agar perundingan langsung antara pemerintah Afghanistan dan Taliban segera dimulai.

Pembicaran dengan Rice diyakini juga akan meliputi agenda kunjungan Perdana Menteri Nawaz Sharif ke Amerika akhir Oktober mendatang. Pejabat-pejabat Pakistan telah menyampaikan rencana kunjungan pribadi Nawaz Sharif itu/ tetapi belum ada pengumuman resmi dari pihak Amerika.

Media-media lokal berspekulasi menyatakan bahwa kunjungan itu merupakan tanggapan atas ketegangan dengan India, terkait insiden aksi kekerasan di wilayah Kashmir, kawasan yang diklaim oleh kedua negara. Tetapi Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan kunjungan itu telah direncanakan selama beberapa minggu ini dan tidak terkait dengan situasi tersebut.

Disampaikan pula bahwa Rice sudah berencana untuk singgah di Islamabad setelah melakukan pembicaraan tingkat tinggi selama dua hari di Beijing menjelang pertemuan antara Presiden Barack Obama dengan Presiden Xi Jinping di Gedung Putih bulan depan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG