Tautan-tautan Akses

Penambahan Tim pada Euro 2016 Tak akan Ubah Kualitas


Ketua UEFA Michael Platini menjamin penambahan tim dalam Piala Eropa 2016 tidak akan menurunkan kualitas.

Ketua UEFA Michael Platini menjamin penambahan tim dalam Piala Eropa 2016 tidak akan menurunkan kualitas.

Michael Platini menjamin penambahan tim dalam Piala Eropa 2016 tidak akan menurunkan kualitas sepakbola negara-negara Eropa.

Kualitas kompetisi Piala Eropa berikutnya pada 2016 tidak akan menurun karena berkembangnya format jumlah tim dari 16 menjadi 24, ujar ketua Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) Michel Platini, Senin (18/6).

“Duapuluh empat masih OK, hanya bertambah delapan tim. Bukan masalah secara kualitas,” ujar Platini yang menyambut baik diadakannya Piala Eropa 2016 di Perancis, setelah memberikan pujian pada turnamen yang sedang berlangsung di Polandia dan Ukraina.

Piala Eropa 2012 telah memberikan banyak gol dan hiburan sepanjang 22 pertandingan sampai saat ini. Mendekati akhir babak grup, tidak satupun pertandingan yang berakhir seri.

Banyak pihak khawatir penambahan delapan tim pada turnamen ini akan menyebabkan tim-tim peringkat menengah dan bawah masuk kualifikasi dan bertahan dengan taktik super defensif, hanya untuk menerima kekalahan memalukan dari para raksasa bola Eropa.

“Kita bisa mendapat delapan tim lagi yang sama baiknya dengan tim sisanya, serta menghasilkan putaran 16 besar yang fantastik,” kata Platini.

“Penambahan ini sangat penting bagi negara-negara lain yang akan masuk kualifikasi. Hal ini baik untuk asosiasi sepakbola nasional mereka dan pertumbuhannya. Para sponsor sudah menyatakan kesediannya karena mereka bangga ikut berpartisipasi,” tambahnya.

Semakin banyak tim yang bertanding diyakini akan meningkatkan keuntungan ekonomi tuan rumah.

Semakin banyak tim yang bertanding diyakini akan meningkatkan keuntungan ekonomi tuan rumah.

Platini mengatakan bahwa lebih banyak tim berarti lebih banyak pertandingan di stadion-stadion yang akan mendorong investasi.

Pria asal Perancis itu mencontohkan bagaimana kota-kota Lviv dan Kharkiv di Ukraina, yang berinvestasi jutaan Euro untuk stadion dan infrastruktur namun masing-masing hanya menampilkan tiga pertandingan grup. Hal itu menunjukkan bahwa kota-kota tempat turnamen yang akan datang berlangsung akan meraup keuntungan lebih tinggi dari lebih banyak pertandingan.

“Bagaimana bisa kita meminta kota seperti Lviv untuk membangun bandara dan stadion besar dan setelah tiga pertandingan lalu selesai begitu saja?” kata Platini.

Tim Jerman, sebagai juara Piala Eropa tiga kali, mengatakan bahwa pendapat mereka mendua mengenai ekspansi tim dalam turnamen ini.

Seperti yang dikutip dari kantor berita Reuters, Kejuaraan Eropa ini pada awalnya hanya memiliki empat tim pada 1960, yang kemudian bertambah menjadi delapan pada 1980 dan 16 pada 1996.
XS
SM
MD
LG