Tautan-tautan Akses

Pemusik Washington Desain Ulang Alat Musik Listrik Theremin

  • Susan Logue Koster
  • Wita Sholhead

Arthur Harrison mendemonstrasikan cara memainkan theremin. Berbeda dengan aslinya, theramin rancangannya menggunakan piringan yang berfungsi sebagai antena.

Arthur Harrison mendemonstrasikan cara memainkan theremin. Berbeda dengan aslinya, theramin rancangannya menggunakan piringan yang berfungsi sebagai antena.

Musik listrik sudah ada sejak lama, bahkan ada satu alat musik listrik unik yang sudah ada lebih dari seabad lamanya yang disebut Theremin.

Arthur Harrison berdiri di sudut toko buku di belakang kotak besi hitam kecil persegi di atas sebuah tumpuan berkaki. Sebuah piringan besi terentang pada kedua sisi kotak itu. Harrison menggerakkan tangannya naik turun di atas piringan itu untuk menghasilkan musik, yang dipancarkan dari sebuah pengeras suara.

Piringan itu, yang berfungsi sebagai antena, sesungguhnya adalah elektroda.

Harrison mengatakan, “Theremin dalam bentuk klasik mengukur jumlah energi listerik di antara setiap tangan pemain dan antena.”

Sewaktu Harrison menggerakkan tangannya, jumlah energi listerik yang dihasilkan beragam, mengubah arus listerik yang mengontrol frekuensi dan volume suara.

Karena bunyinya yang unik, Theremin banyak digunakan penggubah musik untuk film-film yang membutuhkan suara yang mengerikan.

Bernard Herrman menggunakannya dalam soundtrack film tahun 1951, The Day the Earth Stood Still. Setelah itu, ujar Harrison, Theremin digunakan dalam banyak pembuatan film science fiction.

Harrsion telah tertarik dengan Theremin sejak 40 tahun lalu.

Harrison, yang senang mengutak-atik barang-barang elektronik, memutuskan untuk membongkar Theremin dan memperbaiki desainnya. Dua puluh tahun kemudian ia merancang alat musik itu sendiri. Sejak itu ia berhasil menjual ribuan Theremin, mulai dari yang paling sederhana sampai untuk tingkat profesional.

Pencipta alat musik listerik theremin, Leon Theremin, memainkan instrumen itu dalam konser musik tahun 1924.

Pencipta alat musik listerik theremin, Leon Theremin, memainkan instrumen itu dalam konser musik tahun 1924.

Theremin diciptakan oleh ilmuwan Rusia bernama Leon Theremin tahun 1919. Ketika pindah ke Amerika tahun 1927, ia menjadi terkenal. Alat musiknya itu dipatenkan dan diproduksi oleh Korporasi Radio Amerika (RCA). Tetapi, karena harganya hampir sama dengan piano baby grand, Theremin kurang laku, khususnya selama depresi besar tahun 1929.

Theremin juga digunakan beberapa musisi rock, termasuk Jimmy Page dari kelompok Led Zepplin.

Walaupun Harrison adalah musisi, dan bahkan pernah menjadi anggota band di Washington, ia menganggap dirinya sebagai perancang theremin pertama dan terkemuka.

Arthur Harrison akan kembali bermusik lagi ketika anggota-anggota kelompok band-nya, The Cassettes, bergabung lagi setelah vakum sejak 2008. Sekarang ia sibuk membuat Theremin dan membantu orang-orang yang juga ingin belajar membuat Theremin melalui situsnya, Art’s Theremin Page, www.theremin.us.

XS
SM
MD
LG