Tautan-tautan Akses

Pemungutan Suara Pemilu Albania Berakhir


Perdana Menteri Albania dan pemimpin Partai Demokrat Sali Berisha memberikan suara dalam pemilihan umum di Tirana (23/6). (Reuters/Arben Celi)

Perdana Menteri Albania dan pemimpin Partai Demokrat Sali Berisha memberikan suara dalam pemilihan umum di Tirana (23/6). (Reuters/Arben Celi)

Koalisi partai yang berkuasa mengklaim bahwa mereka telah memenangkan pemilu tanpa mengungkap hasil penghitungan suara.

Tempat-tempat pemungutan suara (TPS) telah ditutup dalam pemilihan umum Albania yang akan memberi dampak pada upaya negara itu menjadi anggota Uni Eropa.

Hasil penghitungan suara sementara diperkirakan akan diketahui Senin ini (24/6).

Tetapi segera setelah TPS-TPS ditutup, koalisi partai yang berkuasa pimpinan Perdana Menteri Sali Berisha dan pesaingnya pemimpin sosialis Edi Rama mengatakan kepada para pendukungnya bahwa mereka telah memenangkan pemilihan umum (pemilu) tersebut, tanpa mengungkap hasil penghitungan suara.

Pihak Barat mengamati dengan seksama pemilihan umum tersebut. Albania belum pernah menyelenggarakan pemilu yang bebas dan adil sejak jatuhnya rezim komunis pada 1991. Eropa telah menunjukkan keprihatinan atas terkikisnya demokrasi di negara itu dan gagalnya penyelenggaraan pemilu yang adil akan mengganggu upaya Albania menjadi anggota Uni Eropa.

Hasil pemilu akan ditentukan oleh pengadilan karena komisi pemilu lumpuh akibat pengunduran diri tiga dari tujuh anggota komisi April lalu karena sengketa politik.

Satu orang tewas dan sedikitnya satu lainnya luka-luka di kota Lac, Albania barat laut, dalam insiden penembakan yang menurut polisi mungkin terkait pemilu.
XS
SM
MD
LG