Tautan-tautan Akses

Pemungutan Suara Kongres AS Terkait Pagu Utang Ditunda


Ketua DPR AS John Boehner (kanan) bersama para pemimpin fraksi Republik di Kongres AS mengupayakan lolosnya RUU soal pagu utang usulan Boehner.

Ketua DPR AS John Boehner (kanan) bersama para pemimpin fraksi Republik di Kongres AS mengupayakan lolosnya RUU soal pagu utang usulan Boehner.

Fraksi Republik terus mengusahakan lebih banyak dukungan Kongres untuk meloloskan RUU usulan ketua DPR AS, John Boehner.

Sumber-sumber di Kongres Amerika mengatakan pemungutan suara di DPR untuk rancangan undang-undang yang diajukan Partai Republik untuk menaikkan pagu utang dan memotong anggaran belanja telah ditunda.

Laporan-laporan media Amerika menyatakan pemungutan suara itu telah ditunda sebab para pemimpin fraksi Republik mengusahakan lebih banyak dukungan Kongres untuk meloloskan rencana yang diusulkan oleh ketua DPR John Boehner.

Rencana yang diusulkan Boehner itu menghendaki kenaikan pagu utang 14,3 triliun dolar, sebagai imbalan atas pemotongan pengeluaran miliaran dollar.

Sebelum pemungutan suara, ketua fraksi minoritas DPR Steny Hoyer memprediksi tidak seorang pun dari fraksi Demokrat akan mendukung RUU usulan Boehner. Ketua fraksi mayoritas Senat Harry Reid mengatakan di situs webnya Senat akan mengalahkan rencana Boehner jika RUU itu lolos di DPR.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan Presiden Barack Obama merasa optimistik sebuah kompromi akan dicapai sebelum tenggat tanggal 2 Agustus. Carney mengatakan kompromi yang berhasil akan secara signifikan memotong pengeluaran, menetapkan cara mereformasi dan mengontrol pengeluaran untuk program-program sosial, dan meningkatkan pagu utang.

XS
SM
MD
LG