Tautan-tautan Akses

Pemrotes Suriah Lancarkan Aksi Baru Sementara yang Tewas Dikuburkan


Para demonstran melakukan unjuk rasa seusai shalat Jumat di Masjid Omayyad, Damascus (25/3).

Para demonstran melakukan unjuk rasa seusai shalat Jumat di Masjid Omayyad, Damascus (25/3).

Ribuan demonstran anti-pemerintah di kota Tafas turun ke jalan Sabtu, setelah penguburan tiga pemrotes yang tewas akibat kekerasan Jumat.

Demonstran anti-pemerintah di Suriah selatan membakar kantor partai berkuasa, Partai Baath dan pos polisi. Insiden itu berlangsung hari Sabtu di kota Tafas, sementara ribuan pemrotes turun ke jalan setelah penguburan tiga pemrotes anti-pemerintah yang tewas hari Jumat.

Sementara itu, kantor berita AP mengatakan, aparat keamanan bentrok di Latakia, kota tepi pantai. Juga, terjadi rapat-rapat umum hari Sabtu di kota Daraa, Suriah selatan, pusat aksi protes terhadap pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Hari Jumat, saksi mata mengatakan, sedikitnya 15 orang tewas dalam demonstrasi di kota itu, yang terletak di dekat perbatasan Yordania.

Rapat-rapat umum terjadi di sedikitnya enam kota besar dan kota kecil hari Jumat, termasuk Damaskus, ibukota Suriah. Pemrotes telah memperjuangkan reformasi demokratis menyeluruh yang akan mengubah banyak kebijakan Presiden Assad dan sekutu Partai Baathnya.

Hari Jumat, demonstran di Daraa menurunkan patung mendiang Presiden Suriah Hafez al-Assad, ayah presiden Suriah yang sekarang dan lambang dari peran dominan suku Alawite dan Partai Baath dalam kehidupan masyarakat Suriah selama bertahun-tahun . Tiga pemuda menaiki kepala patung itu hari Sabtu dan menunjukkan poster-poster yang menyerukan supaya rejim itu turun.

XS
SM
MD
LG