Tautan-tautan Akses

Pemotongan Anggaran akan Paksa NASA Hentikan Eksplorasi Planet


Rover NASA yang dikirim untuk melakukan penyelidikan jenis tanah dan batuan di Mars kemungkinan akan terhambat dengan pemotongan anggaran NASA.

Rover NASA yang dikirim untuk melakukan penyelidikan jenis tanah dan batuan di Mars kemungkinan akan terhambat dengan pemotongan anggaran NASA.

NASA mengatakan pemotongan anggaran 300 juta dolar akan mengekang program eksplorasi planet Mars bersama badan antariksa Eropa yang dinilai berhasil.

NASA mengatakan anggaran 17,7 milyar dolar yang diusulkan untuk badan itu tahun 2013 akan memaksa badan antariksa Amerika itu menghentikan misi-misi eksplorasi planetnya yang paling ambisius, sementara meningkatkan dana untuk pengembangan pesawat antariksa berawak komersial yang baru dan menyelesaikan pengganti teleskop antariksa Hubble.

Permohonan anggaran Presiden Amerika Barack Obama untuk NASA mencakup pengurangan 20 persen dana untuk ilmu pengetahuan planet. NASA mengatakan pemotongan 300 juta dolar itu akan mengekang program eksplorasi Mars yang sangat berhasil itu, dan akan mengharuskan Amerika Serikat mengundurkan diri dari misi eksplorasi Mars bersama dengan Badan Antariksa Eropa.

Pimpinan NASA yang juga bekas astronot Charles Bolden mengatakan badan itu akan memusatkan sumber-dayanya pada apa yang disebutnya misi robot “kelas menengah” ke Mars.

Laporan memberi indikasi sebagian dari pemotongan program planet badan itu akan membantu menyeimbangkan peningkatan 109 juta dolar bagi Teleskop Antariksa James Webb yang sudah jauh melebihi anggaran itu. Ini akan menggantikan teleskop antariksa Hubble tahun 2018. Taksiran jumlah biayanya sekarang adalah 8,8 milyar dolar.

Anggaran yang diminta Obama untuk tahun 2013 juga akan melipat dua hingga 830 juta dolar jumlah dana yang digunakan untuk pengembangan pesawat antariksa sektor swasta untuk menggantikan program pesawat ulang-alik antariksa, yang berakhir tahun lalu.

Para pengeritik – termasuk beberapa mantan pejabat tinggi NASA – menggambarkan pemotongan anggaran yang diusulkan itu sebagai pemotongan yang sangat berat.

XS
SM
MD
LG