Tautan-tautan Akses

Pemogokan Pekerja Belgia Imbas Perjalanan ke London dan Paris


Stasiun kereta api di Brussels, Belgia tampak sepi akibat pemogokan karyawan (foto: dok).

Stasiun kereta api di Brussels, Belgia tampak sepi akibat pemogokan karyawan (foto: dok).

Para pekerja kereta api mulai meninggalkan perkerjaan Selasa (5/1) malam untuk memprotes rencana reformasi oleh pemerintah Belgia.

Serikat-serikat buruh di Brussels dan Belgia bagian selatan telah mulai pemogokan kereta api 48 jam yang akan mengacaukan hubungan lalu lintas nasional dan internasional ke Paris dan London sampai hari Kamis (7/1).

Para karyawan mulai meninggalkan perkerjaan Selasa (5/1) malam untuk memprotes rencana reformasi oleh pemerintah yang dimaksudkan untuk merampingkan layanan dan membuat sektor itu lebih efisien.

Serikat-serikat buruh mengatakan pemerintah memberlakukan langkah penghematan yang akan menghapuskan ribuan pekerjaan dan mengurangi layanan pada saat transportasi publik yang ramah lingkungan sangat diperlukan.

Serikat-serikat buruh di seluruh Belgia semula berusaha melakukan pemogokan kereta api selama 5 hari pada bulan Januari, tetapi karena kemarahan konsumen menguranginya menjadi dua hari.

Serikat-serikat buruh di Belgia bagian utara kemudian menarik diri dari pemogokan itu.
Jalur kereta api Thalys ke Paris dan Eurostar ke London mengatakan, layanan mereka akan terputus atau terimbas sangat serius di Belgia. [sp/ds]

XS
SM
MD
LG