Tautan-tautan Akses

Pemogokan dan Demonstrasi Terus Landa Perancis


Para pekerja yang mogok memblokir fasilitas penyulingan di kota Donges, Perancis barat Sabtu kemarin.

Para pekerja yang mogok memblokir fasilitas penyulingan di kota Donges, Perancis barat Sabtu kemarin.

Kurang lebih seperempat pompa bensin di seluruh wilayah Perancis terpaksa ditutup karena kehabisan pasokan akibat aksi pemogokan.

Pemogokan buruh dan aksi protes dan yang menentang usaha pemerintah untuk menaikkan usia pensiun terus mencekam banyak bagian Perancis.

Kurang lebih seperempat pompa-pompa bensin di seluruh wilayah Perancis terpaksa ditutup karena kehabisan pasokan. Kata seorang penasihat presiden Perancis Nicolas Sarkozy hari Minggu, Perancis bagian barat dan kawasan ibukota Paris adalah yang paling gawat terkena aksi pemogokan itu.

Kata Presiden Sarkozy peraturan pensiun yang baru itu, yang menaikkan usia pensiun dari 60 menjadi 62 tahun diperlukan agar sistem pensiun itu tidak bangkrut. Rancangan undang-undang itu telah disetujui oleh Senat hari Jumat dan kemungkinan akan ditanda-tangani oleh presiden minggu ini.

Tapi kebanyakan warga Perancis menentang RUU itu sehingga dukungan rakyat bagi Sarkozy turun ke bawah 30 persen, tingkat paling rendah sejak ia menang dalam pemilihan tahun 2007.

Hari Jumat lalu, polisi dikerahkan untuk membuka sebuah kilang minyak yang besar dekat Paris yang telah ditutup oleh para pekerja yang menentang peraturan pensiun yang baru itu.

Penutupan kilang minyak itu ikut menyumbang kekurangan bensin di seluruh Perancis. Satu hari sebelumnya, para demonstran juga memblokir depot-depot penyaluran bensin dan jaringan angkutan umum di kota-kota besar.

XS
SM
MD
LG