Tautan-tautan Akses

Pemindahan Pangkalan AS di Okinawa, Jepang akan Ditunda


Pesawat militer AS tampak parkir di pangkalan marinir Futenma di kota Ginowan, Pulau Okinawa (foto: dok.).

Pesawat militer AS tampak parkir di pangkalan marinir Futenma di kota Ginowan, Pulau Okinawa (foto: dok.).

Seorang pejabat AS mengatakan Washington tetap berkomitmen pada pemindahan pangkalan militer itu, tetapi jadwalnya akan diubah.

Seorang pejabat senior Amerika mengatakan sebuah rencana pemindahan pangkalan militer Amerika di pulau Okinawa, Jepang selatan akan ditunda.

Berdasarkan sebuah persetujuan 2008, Pangkalan Udara milik Korps Marinir di Futenma akan dipindahkan ke wilayah yang kurang padat di pulau itu dan beberapa pasukan akan dipindahkan ke Guam pada 2014.

Seorang pejabat pemerintah Amerika mengatakan kepada reporter Senin bahwa Washington tetap berkomitmen pada pemindahan itu tetapi jadwalnya akan diubah. Pejabat yang minta namanya tidak disebut selagi menunggu pengumuman resmi.

Amerika dan Jepang direncanakan membahas isu-isu keamanan, termasuk rencana pemindahan itu. Selasa di Washington Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dan Menteri Pertahanan Robert Gates akan jadi tuan rumah dari rekan-rekan setara mereka Takeaki Matsumoto dan Toshimi Kitazawa.

Pemindahan pangkalan itu merupakan sebuah isu yang peka. Amerika menempatkan sekitar 47 ribu pasukan di Jepang, sebagian besar di Okinawa.

Kebanyakan penduduk Okinawa menginginkan pangkalan itu di pindah dari pulau itu, katanya pangkalan itu menyebabkan kebisingan, pencemaran dan masalah lain di daerah yang penduduknya padat. Penentangnya di Amerika menganggap pemindahan seperti itu menghabiskan biaya yang terlalu besar.

XS
SM
MD
LG