Tautan-tautan Akses

Pemimpin Tertinggi Iran Kesampingkan Kerjasama dengan AS dalam Hadapi ISIS


Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memberikan sambutan dalam upacara memperingati 27 tahun kematian Ayatollah Ruhollah Khomeini di Teheran, Iran (3/6).

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memberikan sambutan dalam upacara memperingati 27 tahun kematian Ayatollah Ruhollah Khomeini di Teheran, Iran (3/6).

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan mempercayai AS akan menjadi kesalahan besar dan menegaskan bahwa kerjasama dengan Amerika berarti menentang kemerdekaan Iran.

Pemimpin tertinggi Iran, Jumat (3/6) mengesampingkan kerjasama dengan Amerika dalam memerangi militan Negara Islam (ISIS,) musuh bersama mereka di Irak dan Suriah, dan bersikeras bahwa Amerika Serikat tetap musuh Teheran meskipun kesepakatan nuklir bersejarah dengan negara-negara kuat dunia telah meringankan berbagai sanksi yang sudah lama diberlakukan.

Mempercayai AS akan menjadi kesalahan besar, kata Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, yang menegaskan bahwa kerjasama dengan Amerika berarti menentang kemerdekaan Iran.

Dia menambahkan bahwa walaupun kesepakatan nuklir mulai berlaku tahun ini, Iran memiliki masih banyak musuh kecil dan besar, terutama Amerika, Inggris dan Israel.

Khamenei berbicara pada upacara memperingati 27 tahun kematian Ayatollah Ruhollah Khomeini, pemimpin revolusi Islam 1979 yang membuat ulama garis keras itu berkuasa dan menggulingkan Shah Mohammad Reza Pahlavi yang didukung AS.

Puluhan ribu warga Iran menghadiri upacara di Teheran sementara televisi pemerintah menyiarkan langsung pidato 90 menit Khamenei itu.

Belum ada pembicaraan resmi mengenai pertarungan bersama atau bahkan kerja sama antara Iran dan Amerika Serikat untuk melawan ISIS. [as/uh]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG