Tautan-tautan Akses

Pemimpin Vietnam Mulai Kunjungan Penting ke Tiongkok


Presiden Tiongkok Hu Jintao (kanan) menerima kunjungan Sekjen Partai Komunis Vietnam, Nguyen Phu Trong di Beijing (11/10).

Presiden Tiongkok Hu Jintao (kanan) menerima kunjungan Sekjen Partai Komunis Vietnam, Nguyen Phu Trong di Beijing (11/10).

Media Tiongkok bulan lalu mengatakan kedua pihak menyampaikan keinginan mencari penyelesaian damai atas sengketa Laut Cina selatan.

Ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong telah memulai kunjungan lima hari ke Tiongkok hanya beberapa minggu setelah kedua pihak setuju untuk mempercepat perundingan guna meredakan ketegangan militer di Laut Cina Selatan.

Rincian perjalanan Trong tidak diungkap, tapi juru bicara Kementrian Luar Negeri Tiongkok Liu Weimin hari Selasa mengatakan kunjungan itu “sangat penting” untuk memperdalam kepercayaan kedua negara.

Media pemerintah Tiongkok bulan lalu mengatakan kedua pihak menyampaikan keinginan untuk mencari penyelesaian damai atas meningkatnya perselisihan karena sama-sama mengklaim wilayah laut di kawasan itu, yang diperkirakan kaya dengan gas alam dan mineral. Pejabat kantor berita Xinhua mengatakan kesepakatan apapun yang meredakan perselisihan akan sesuai dengan UU internasional dan deklarasi sikap negara-negara di kawasan itu tahun 2002.

Vietnam mengeluhkan dalam beberapa bulan terakhir setidaknya dua kali kapal-kapal angkatan laut Tiongkok mengganggu eksplorasi minyak dan gas di perairan yang diklaim Vietnam sebagai bagian dari zona ekslusifnya.

XS
SM
MD
LG