Tautan-tautan Akses

Pemimpin Tertinggi Iran Tolak Tuduhan Amerika


Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengecam tuduhan AS terhadap Iran (15/10).

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengecam tuduhan AS terhadap Iran (15/10).

Ayatollah Ali Khamenei menuduh AS membuat tuduhan 'tidak berdasar' soal rencana pembunuhan Dubes Saudi dalam upaya mengisolasi Iran.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan klaim Amerika bahwa Teheran mendukung dugaan rencana pembunuhan terhadap Duta Besar Arab Saudi adalah tidak masuk akal.

Pemimpin tertinggi itu menuduh Amerika membuat tuduhan "tidak berdasar" terhadap " sejumlah kecil orang Iran di Amerika" sebagai bagian dari upaya mengisolasi Iran.

Dia memberikan komentar demikian dalam pidato hari Sabtu di propinsi Kermanshah, Iran barat. Pidato itu disiarkan lewat televisi pemerintah.

Hari Selasa, Departemen Kehakiman Amerika mengumumkan telah menggagalkan rencana Iran yang katanya hendak membunuh Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Adel Al-Jubeir. Para pejabat mengatakan Amerika telah mengajukan tuntutan terhadap dua orang Iran atas keterlibatan mereka dalam rencana itu. Dikatakan, seorang tersangka, Gholam Shakuri, adalah bagian dari pasukan elit Quds di Iran.

Komentar pemimpin tertinggi Iran hari Sabtu itu merupakan reaksi langsung pertama terhadap klaim tersebut, meskipun pejabat-pejabat lebih rendah Iran telah membantah tuduhan itu sebelumnya.

Hari Jumat, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan Washington mengadakan mengadakan pertemuan langsung dengan para pejabat Iran minggu lalu terkait tuduhan rencana pembunuhan itu.

Ia memberitahu para wartawan pertemuan itu untuk membuatnya "sangat jelas" bahwa Amerika menganggap perilaku demikian "tidak bisa diterima" dan merupakan pelanggaran terhadap hukum Amerika dan internasional.

XS
SM
MD
LG