Tautan-tautan Akses

Pemimpin Tentara Pakistan Tiba di Kabul, Afghanistan


Pada foto yang dirilis oleh tentara Pakistan, Jenderal Raheel Sharif terlihat tiba di istana Presiden di Kabul.

Pada foto yang dirilis oleh tentara Pakistan, Jenderal Raheel Sharif terlihat tiba di istana Presiden di Kabul.

Pemimpin angkatan bersenjata Pakistan, Jenderal Raheel Sharif, tiba di Kabul hari Minggu (27/12) untuk melakukan pembicaraan penting dengan para pemimpin politik dan militer Afghanistan.

Para pejabat mengatakan pembicaraan akan membahas usaha memajukan proses perdamaian dan rekonsiliasi Afghanistan, peningkatan kerjasama keamanan dan pengelolaan yang lebih baik perbatasan panjang yang mudah diterobos antara kedua negara untuk mencegah penyusupan militan dari kedua sisi.

Kunjungan itu dilakukan setelah kunjungan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani ke Islamabad sebelumnya bulan ini untuk menghadiri konferensi kawasan yang disebut proses “heart of Asia,” yang mengakhiri kemacetan berbulan-bulan hubungan bilateral atas tuduhan bahwa militer Pakistan belum memutuskan hubungan rahasia dengan Taliban Afghanistan.

Pertemuan 4 negara itu di sela-sela pertemuan puncak kawasan, Presiden Ghani, Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif dan pejabat China dan Amerika telah menyetujui usaha melanjutkan segera pembicaraan perdamaian Kabul dengan pemberontak Taliban.

Kunjungan hari Minggu itu dipandang sebagai kelanjutan usaha tersebut. Pejabat Afghanistan dan Pakistan berharap kunjungan itu akan memungkinkan kedua pihak menjajaki cara-cara memajukan usaha rekonsiliasi. [gp]

XS
SM
MD
LG