Tautan-tautan Akses

Pemimpin Separatis Basque Ditangkap di Perancis


Polisi Perancis berjaga di luar sebuah vila selama operasi pencarian (5/11). Ascain, Perancis (foto: AP Photo)

Polisi Perancis berjaga di luar sebuah vila selama operasi pencarian (5/11). Ascain, Perancis (foto: AP Photo)

Pimpinan kelompok separatis Basque ETA ditangkap di Perancis barat daya dalam operasi gabungan antara Perancis dan Spanyol.

Spanyol mengatakan pemimpin kelompok separatis Basque ETA, yang dulu ditakuti, ditangkap di Perancis barat daya dalam operasi gabungan antara pasukan keamanan Perancis dan Spanyol.

Mikel Irastorza ditahan hari Sabtu di Pyrenees, dekat perbatasan Spanyol. Menurut Kementerian Dalam Negeri Spanyol tersangka usia 41 tahun itu adalah "pemimpin paling senior kelompok teroris ETA yang masih buron." Ia konon memimpin organisasi separatis itu baru lebih dari setahun, sejak penangkapan dua pendahulunya di Perancis.

Pasangan yang tinggal di rumah tempat Irastorza ditangkap, juga ditahan, dan pihak berwenang berharap akan ada penangkapan lain.

Penggerebekan polisi bulan lalu menemukan tumpukan lebih dari 100 pistol tersembunyi dalam hutan di utara Paris, konon oleh ETA, tetapi tidak ada informasi apakah operasi itu terkait suksesnya perburuan Irastorza, yang buron sejak tahun 2008.

ETA disalahkan atas kematian lebih dari 800 orang sejak akhir tahun 1960-an karena organisasi itu mengupayakan pembentukan negara merdeka dalam wilayah di Spanyol utara dan barat daya Perancis. [ka]

XS
SM
MD
LG