Tautan-tautan Akses

Pemimpin Rusia, Ukraina, Jerman, dan Perancis Sepakat Bertemu di Belarus


Presiden Ukraina Petro Poroshenko (tengah) berjabat tangan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande di Kyiv, Ukraina (5/2).

Presiden Ukraina Petro Poroshenko (tengah) berjabat tangan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande di Kyiv, Ukraina (5/2).

Para pemimpin Rusia, Ukraina, Jerman, dan Perancis sepakat untuk bertemu hari Rabu (11/2) di Belarus, untuk melanjutkan pembicaraan untuk mengakhiri peningkatan pemberontakan pro-Rusia di Ukraina timur.

Para pemimpin Rusia, Ukraina, Jerman, dan Perancis telah sepakat untuk bertemu hari Rabu di Belarus, untuk mengadakan pembicaraan yang bertujuan untuk mencapai persetujuan untuk mengakhiri peningkatan pemberontakan pro-Rusia di Ukraina timur.

Kesepakatan mereka dicapai hari Minggu (8/2) dalam pembicaraan empat pihak melalui telepon yang menyusul pembicaraan krisis hari Jumat (6/2) di Moskow yang melibatkan Presiden Rusia Vladimir Putin, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Perancis Francois Hollande.

Merkel dijadwalkan akan mengunjungi Washington DC, Senin (9/2), untuk berbicara dengan Presiden Barack Obama mengenai pertempuran, yang telah menjatuhkan lebih dari 5.600 korban jiwa sejak pemberontak meluncurkan perlawanan mereka 10 bulan lalu. Gencatan senjata yang dicapai bulan September telah tidak diperdulikan oleh kedua pihak.

Tidak ada tanda-tanda terbuka hari Minggu mengenai gerakan menuju persetujuan baru untuk mengakhiri pertempuran tersebut. Namun, Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyuarakan optimisme bahwa gencatan senjata segera dan tanpa syarat akan segera tercapai.

XS
SM
MD
LG