Tautan-tautan Akses

Pemimpin Protes Hong Kong Serahkan Diri ke Polisi


Empat pemmican protes Hong Kong memasuki cantor polisi (3/12). Dari kanan: Benny Tai Yiu-ting, Chan Kin-man, Chu Yiu-ming dan mantan Kardinal Joseph Zen.

Empat pemmican protes Hong Kong memasuki cantor polisi (3/12). Dari kanan: Benny Tai Yiu-ting, Chan Kin-man, Chu Yiu-ming dan mantan Kardinal Joseph Zen.

Benny Tai, Chan Kin-man, dan Chu Yiu-ming masuk ke kantor polisi pusat, hari Rabu (3/12). Mereka kemudian diusir keluar sekitar satu jam kemudian, setelah polisi menolak menahan atau mendakwa mereka.

Pencetus gerakan “Occupy Central” Hong Kong telah menyerahkan diri kepada polisi atas peran mereka dalam mengatur protes-protes pro-demokrasi, yang dianggap pemerintah ilegal.

Benny Tai, Chan Kin-man, dan Chu Yiu-ming masuk ke kantor polisi pusat, hari Rabu. Mereka kemudian diusir keluar sekitar satu jam kemudian, setelah polisi menolak menahan atau mendakwa mereka.

Dalam sebuah konferensi pers di luar kantor polisi, Tai mengutarakan, tiga sekawan itu diberi sebuah formulir khusus dan diberitahu untuk menandai tindak-tindak kejahatan yang mereka akui lakukan. Sederetan pendukung “Occupy Central” juga berbaris mengisi formulir itu.

Tidak jelas apakah polisi akan menahan atau mendakwa para aktivis tersebut dengan sesuatu dakwaan. Pihak berwenang tidak mengomentari penyerahan tersebut, yang dipandang sebagai upaya untuk membangkitkan kembali sebuah gerakan yang mulai kehilangan pendukungnya.

Pendiri “Occupy Central,” hari Selasa (2/12), menyerukan agar para demonstran mundur, dengan memberi alasan khawatir akan pecah kerusuhan lebih jauh, menyusul bentrokan dengan polisi hari Minggu. Sejauh ini, para pemrotes menolak seruan-seruan itu.

XS
SM
MD
LG