Tautan-tautan Akses

Pemimpin Pemuda Pantai Gading Muncul di Mahkamah Internasional


Charles Ble Goude menyatakan tidak bersalah hari Kamis (27/3) dalam sidang di Mahkamah Kejahatan Internasional di Den Haag (foto: dok).

Charles Ble Goude menyatakan tidak bersalah hari Kamis (27/3) dalam sidang di Mahkamah Kejahatan Internasional di Den Haag (foto: dok).

Charles Ble Goude dari Pantai Gading menyatakan tidak bersalah hari Kamis (27/3) dalam sidang pertamanya di Mahkamah Kejahatan Internasional di Den Haag, Belanda.

Seorang mantan pemimpin pemuda yang dituduh terlibat dalam kekerasan mematikan setelah pemilu 2010 di Pantai Gading menyatakan tidak bersalah hari Kamis (27/3) dalam sidang pertamanya di Mahkamah Kejahatan Internasional di Den Haag, Belanda.

Charles Ble Goude yang tersenyum mengatakan kepada pengadilan di Den Haag bahwa ia tidak menduga akan divonis bersalah atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Ble Goude adalah sekutu dekat mantan presiden Laurent Gbagbo, yang tidak mengakui kalah dari Presiden Alassane Ouattara dalam pemilihan putaran kedua tahun 2010.

PBB mengatakan lebih dari 3.000 orang tewas dalam kekerasan pasca-pemiluitu. Tim jaksa menuduh Ble Goude berperan dalam pembunuhan, kekerasan seksual dan tindakan tidak manusiawi lainnya yang terjadi selama kerusuhan berlangsung.

Para pendukung Gbagbo dan Ble Goude menuduh ICC tidak adil.

Mereka mengatakan walaupun baik kelompok presiden maupun kelompok mantan presiden Gbagbo telah dituduh melakukan kekejaman pasca pemilu, hanya pendukung Gbagbo yang diajukan ke meja hijau.

Dalam wawancara dengan VOA, juru bicara ICC Fadi El Abdallah membantah tuduhan itu.

Ble Goude adalah pemimpin kelompok pro-Gbagbo bernama Patriot Muda. Ia juga menghadapi tuduhan terkait kejahatan kekerasan dan kejahatan ekonomi di Pantai Gading .

Mantan Presiden Gbagbo kini siap dalam tahanan di Den Haag, di mana dia menunggu pengadilan.
XS
SM
MD
LG