Tautan-tautan Akses

Pemimpin Pakistan, Turki Desak Perdamaian di Afghanistan


Presiden Pakistan Asif Ali Zardari (kanan) dan Presiden Turki Abdullah Gul berbincang-bincang di sela-sela pertemuan di Ankara, Rabu (13/4).

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari (kanan) dan Presiden Turki Abdullah Gul berbincang-bincang di sela-sela pertemuan di Ankara, Rabu (13/4).

Presiden Pakistan mengunjungi Turki selama beberapa hari untuk membicarakan isu keamanan regional dan hubungan bilateral.

Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dan Presiden Turki Abdullah Gul mengatakan negara mereka bekerjasama memfasilitasi proses perdamaian di Afghanistan.

Kedua pemimpin berbicara pada sebuah konferensi pers bersama di Ankara hari Rabu setelah sebuah pertemuan tertutup. Zardari mengunjungi Turki selama beberapa hari untuk membicarakan keamanan regional, hubungan bilateral dan masalah-masalah lain.

Meski berjanji untuk mendukung pengakhiran perang di Afghanistan, kedua pemimpin tidak mempertegas rencana mereka untuk mengizinkan Taliban Afghanistan membuka kantor politik di Turki.

Pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu mengatakan kepada wartawan bahwa Turki akan mempertimbangkan kemungkinan Taliban membuka kantor perwakilan di negara itu jika pemerintah Afghanistan memintanya. Langkah tersebut memungkinkan para anggota kelompok pemberontak bertemu para pejabat Afghanistan di tempat yang tidak berpihak.

Davutoglu dan para pejabat Turki lain mengatakan mereka siap melakukan apapun untuk mendukung usaha perdamaian di Afghanistan.

XS
SM
MD
LG