Tautan-tautan Akses

Pemimpin Oposisi Kamboja Dijatuhi Hukuman Denda atas Tuduhan Pencemaran Nama Baik


Pemimpin oposisi Kamboja Sam Rainsy. (Foto: dok.)

Pemimpin oposisi Kamboja Sam Rainsy. (Foto: dok.)

Pemimpin oposisi Kamboja Sam Rainsy dinyatakan bersalah Jumat (29/7) atas tuduhan mencemarkan nama baik Presiden Majelis Nasional Heng Samrin dalam sebuah muatan di Facebook November lalu.

Menurut UU Pidana Pasal 305, Hakim Pengadilan Phnom Penh, Ros Piseth, mendakwa Rainsy dengan pencemaran nama baik atas posting pada 17 November itu, dan memerintahkannya membayar ganti rugi 150 juta riel atau 37.000 dollar AS kepada Samrin, seorang anggota senior Partai Rakyat Kamboja yang berkuasa, dan 10 juta riel atau 2.400 dollar AS kepada negara.

Rainsy, presiden Partai Penyelamatan Nasional Kamboja yang mengasingkan diri, dituduh mengunduh video yang berisi pidato almarhum Raja Norodom Sihanouk di mana raja mengkritik pemerintah saat itu yang dipimpin oleh Samrin. Raja Norodom mengatakan Samrin membolehkan tentara Vietnam untuk menetap di negara itu dan menjadi warga negara.

Pengacara Samrin, Ky Tech, mengatakan ia kecewa dengan keputusan seperti itu karena tidak setara dengan kejahatan yang dianggap besar tersebut. [as]

XS
SM
MD
LG