Tautan-tautan Akses

Pemimpin NTC: Deklarasi Liberasi Libya Hari Minggu di Benghazi


Anak-anak Libya merayakan kebebasan di distrik Souk el-Juma, Tripoli, setelah berita tewasnya Gaddafi (21/10).

Anak-anak Libya merayakan kebebasan di distrik Souk el-Juma, Tripoli, setelah berita tewasnya Gaddafi (21/10).

Deklarasi bebasnya Libya ini sebagai langkah yang akan meratakan jalan bagi proses membentuk pemerintah baru pasca Gaddafi.

Para pemimpin sementara Libya berencana menyatakan liberasi penuh negara itu hari Minggu, langkah yang meratakan jalan bagi proses membentuk pemerintah baru. Para pejabat Dewan Transisi Nasional, NTC, mengatakan hari Sabtu, deklarasi itu akan diumumkan di Benghazi, kota di timur yang menjadi poros gerakan anti-pemerintah.

Laporan awal mengatakan, NTC akan mengumumkan deklarasi itu hari Sabtu. Tidak ada berita mengenai penyebab penundaan.

Juga hari Sabtu kantor berita Reuters mengutip PM sementara Mahmoud Jibril mengatakan, pemilu pertama akan dilangsungkan dalam 8 bulan, dengan rakyat memilih anggota dewan nasional yang akan merancang konstitusi baru. Jibril pernah mengatakan akan mundur setelah liberasi Libya. Reuters mengutipnya mengatakan, ia akan mundur hari Sabtu.

Sementara itu NTC berusaha menetapkan kapan dan di mana mengubur Moammar Gaddafi, yang tewas hari Kamis selagi pasukan NTC menyerbu kota kelahirannya, Sirte. Mayatnya ditayangkan di ruang berpendingin sebuah toko daging di Misrata.

Hari Jumat, sebagian pengunjung mengambil foto jenazah Gaddafi dengan HP. Foto-foto jenazah Gaddafi menunjukkan lubang peluru pada sisi kiri kepala, dan satu lagi di dada.

XS
SM
MD
LG