Tautan-tautan Akses

Pemimpin Nomor 2 al-Qaida Tewas di Yaman


Pemimpin nomor dua jaringan al-Qaida yang berbasis di Yaman, Said al-Shehri tewas di Yaman timur (foto: dok).

Pemimpin nomor dua jaringan al-Qaida yang berbasis di Yaman, Said al-Shehri tewas di Yaman timur (foto: dok).

Pemerintah Yaman mengatakan bahwa pasukannya telah berhasil membunuh pemimpin nomor dua jaringan al-Qaida yang berbasis di Yaman, Said al-Shehri.

Situs kementerian pertahanan Yaman melaporkan Senin bahwa Said al-Shehri, warga negara Arab Saudi, adalah salah satu dari beberapa militan yang tewas dalam operasi militer di provinsi Hadramaut di Yaman timur. Rincian lain tidak diberikan.

Jaringan Al-Qaeda berbasis Yaman, al-Qaeda di Semenanjung Arab, tetap aktif di Yaman selatan. Tersangka militan telah melakukan pemboman bunuh diri dan menjadikan pejabat pemerintah Yaman target pembunuhan.

Jaringan ini juga diduga merencanakan serangan terhadap kepentingan AS, termasuk plot yang gagal pada 2010 untuk meledakkan pesawat kargo tujuan Amerika dengan bahan peledak yang disembunyikan dalam tabung tinta printer.

Satu sumber keamanan Yaman mengatakan kepada Reuters bahwa Shehri tewas dalam operasi Rabu lalu dan bahwa pesawat tak berawak AS terlibat. Pesawat tak berawak yang disediakan Amerika Serikat telah membantu pasukan Yaman memerangi al-Qaeda dan militan lainnya di wilayah terpencil Yaman.
XS
SM
MD
LG