Tautan-tautan Akses

Pemimpin NATO di Wales Bahas Ukraina, ISIS


Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen berbicara dengan media di resor Celtic Manor dekat Newport, Wales (4/9). (Reuters/Yves Herman)

Para pemimpin NATO diperkirakan akan membicarakan strategi untuk melawan ancaman dari kelompok militan ISIS yang telah menduduki sebagian besar Irak utara dan Suriah timur.

Para pemimpin dunia berkumpul Kamis (4/9) di Wales untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi dua hari NATO yang diperkirakan akan membahas konflik di Ukraina dan ancaman ekstremis Islam di Suriah dan Irak.

Di kota Newport, Wales, NATO diperkirakan akan memperdebatkan pembentukan pasukan gerak cepat yang mampu dikerahkan ke tempat-tempat gawat di Eropa timur.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko akan menghadirinya sebagai yang bukan anggota, dan para pejabat mengatakan ia akan bertemu dengan para pemimpin Barat di sela-sela pertemuan puncak itu.

Rusia, yang dengan keras menentang kehadiran NATO dekat perbatasannya, telah mengutuk gagasan satuan gerak cepat itu. Sebelumnya pekan ini, Rusia mengatakan pihaknya akan meninjau kembali strategi militernya di Eropa timur kalau NATO mendukung pembentukan pasukan tersebut.

Juga dalam KTT tersebut, para pemimpin NATO diperkirakan akan membicarakan strategi untuk melawan ancaman dari kelompok militan ISIS yang telah menduduki sebagian besar Irak utara dan Suriah timur.

Amerika telah melakukan serangan udara terhadap kelompok itu di Irak, sementara anggota lain sekutu NATO telah mulai menyediakan bantuan kemanusiaan.

XS
SM
MD
LG