Tautan-tautan Akses

Pemimpin Militan Boko Haram Rilis Video Tantang Presiden Nigeria


Anggota kelompok militan Boko Haram (foto: dok).

Anggota kelompok militan Boko Haram (foto: dok).

Seorang pemimpin kelompok militan Nigeria Boko Haram, dalam sebuah video baru yang dipasang di internet, berjanji melakukan lebih banyak serangan.

Video berdurasi 15 menit yang dapat disaksikan di youtube itu menunjukkan Imam Abubakar Shekau, yang diyakini sebagai pemimpin faksi Boko Haram.

Dalam video itu Shekau mengatakan para pejuang kelompok itu akan terus membunuh dan siap mati sebagai martir.

Otoritas Nigeria menyalahkan Boko Haram atas tewasnya ratusan orang dalam sejumlah peledakan dan penembakan selama 18 bulan ini. Kelompok itu mengaku bertanggungjawab atas beberapa serangan, termasuk peledakan sebuah gereja di dekat ibukota Abuja pada Hari Natal, yang menewaskan lebih dari 30 orang.

Abubakar Shekau mengatakan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan – yang telah bersumpah akan menumpas kelompok itu – melakukan pertarungan yang tak dapat dimenangkannya. Shekau menggambarkan konstitusi dan demokrasi Nigeria sebagai “nista”.

Ia mengatakan Boko Haram siap melakukan perundingan damai dengan syarat selaras dengan keyakinannya.

Kelompok itu diyakini ingin memberlakukan syariah Islam yang lebih luas di seluruh Nigeria. Boko Haram baru-baru ini memperingatkan warga Kristen di Nigeria Utara yang mayoritas berpenduduk Muslim, untuk meninggalkan kawasan itu.

XS
SM
MD
LG