Tautan-tautan Akses

Pemimpin Lembaga Pengawas Pemilu Independen Rusia Ditahan


Pemimpin Lembaga Pengawas Pemilu Independen Rusia, Lilya Shibanova (3/12).

Pemimpin Lembaga Pengawas Pemilu Independen Rusia, Lilya Shibanova (3/12).

Para pejabat bea cukai menahan pemimpin GOLOS, Lilya Shibanova, di bandara Sheremetyevo Moskow setelah ia menolak menyerahkan laptopnya yang diduga memiliki piranti lunak ilegal, kepada petugas-petugas keamanan.

Para anggota satu-satunya kelompok pengawas pemilu independen Rusia mengatakan pemimpin mereka ditahan selama 12 jam di bandara Moskow tadi malam, pada saat pemilu parlemen hari Minggu.

Para pejabat bea cukai menahan pemimpin GOLOS, Lilya Shibanova, di bandara Sheremetyevo Moskow setelah ia menolak menyerahkan laptopnya kepada petugas-petugas keamanan, yang mengatakan ingin memeriksa komputer tersebut karena memiliki piranti lunak ilegal. Lilya Shibanova dibebaskan setelah ia menyerahkan komputernya.

Penahanan itu menyusul sebuah insiden hari Jum’at ketika pengadilan Moskow mendenda GOLOS sekitar seribu dollar karena mengumpulkan pelanggaran-pelanggaran hukum pemilu dan memasangnya di internet. GOLOS (yang artinya 'pemilihan'), mempunyai hampir lima ribu keluhan dugaan pelanggaran yang diterimanya lewat SMS, email dan telefon.

Manajer Humas GOLOS Dmitry Merezhko hari Minggu mengatakan kepada VOA, keputusan pengadilan tersebut tidak akan menghentikan kelompok itu melakukan tugasnya.

XS
SM
MD
LG