Tautan-tautan Akses

Pemimpin Kurdi Irak Kunjungi Gunung Sinjar


Pemimpin Kurdi Irak Massoud Barzani tiba untuk mendukung pasukan Kurdi yang bertarung melawan militan ISIS, di Gunung Sinjar, di kota Sinjar, Irak, 21 Desember 2014.

Pemimpin Kurdi Irak Massoud Barzani tiba untuk mendukung pasukan Kurdi yang bertarung melawan militan ISIS, di Gunung Sinjar, di kota Sinjar, Irak, 21 Desember 2014.

Pemimpin Kurdi Irak Massoud Barzani, Minggu (21/12) telah mengunjungi Gunung Sinjar setelah pejuang Kurdi berhasil merebut kawasan itu dari kelompok ISIS.

Pemimpin Kurdi-Irak Massoud Barzani mengunjungi Pegunungan Sinjar setelah pejuang Peshmerga Kurdi berhasil mematahkan pengepungan oleh kelompok “Negara Islam” ISIS.

Presiden daerah semi otonomi Kurdi di Irak – Barzani – mengatakan pejuang Peshmerga telah merebut seluruh jalan menuju ke pegunungan itu dan memerdekakan daerah di mana ribuan warga Yazidi yang terjebak dianiaya.

Barzani menambahkan pasukan Kurdi tidak akan membiarkan seorang pejuang “Negara Islam” pun untuk berada di daerah yang bisa dijangkau Peshmerga.

Pejabat-pejabat Kurdi mengatakan pejuang Peshmerga masih menghadapi perlawanan dari kantung-kantung militan IS di kota Sinjar. Beberapa serangan udara pimpinan Amerika telah kembali menghantam daerah itu hari Minggu (12/12).

Kantor berita Reuters mengatakan sewaktu militan “Negara Islam” melarikan diri, mereka membakar rumah-rumah penduduk.

Hari Sabtu (20/12), pasukan peshmerga, dengan dukungan serangan udara pimpinan Amerika, menyerbu sisi utara Gunung Sinjar serta mendesak maju ke arah kota Sinjar di selatan dan kota Tal Afar yang terkepung di bagian Timur.

Konvoi bantuan terdiri dari 32 truk yang dikirim Kurdi Irak bagi warga Yazidi yang terkurung juga mencapai kawasan itu hari Sabtu.

ISIS merebut hampir sepertiga wilayah Irak dan Suriah di dekatnya pada tahun ini, membuat kawasan itu terjerumus ke situasi kacau.

XS
SM
MD
LG