Tautan-tautan Akses

Pemimpin Kudeta Thailand Mengaku Dapat Dukungan Raja


Jenderal Prayuth Chan-ocha di Markas Besar Militer Thailand di Bangkok (26/5).

Jenderal Prayuth Chan-ocha di Markas Besar Militer Thailand di Bangkok (26/5).

Jenderal Prayuth Chan-ocha mengatakan raja Thailand telah dengan resmi mendukung jabatannya sebagai pemimpin dewan militer yang akan memerintah negara itu.

Pimpinan angkatan bersenjata Thailand yang memimpin kudeta, Jenderal Prayuth Chan-ocha mengatakan raja telah dengan resmi mendukung jabatannya sebagai pemimpin dewan militer yang akan memerintah negara itu.

Dalam keterangannya kepada pers yang ditayangkan televisi hari Senin (26/5), jenderal itu juga mengatakan bahwa ia tidak akan mempunyai pilihan kecuali menggunakan kekuatan militer jika protes politik berkobar lagi. Peringatan itu dikeluarkan setelah beberapa bentrokan antara tentara dan demonstran berlangsung di berbagai penjuru negara itu hari Minggu.

Prayuth mengatakan ia bermaksud mengadakan pemilu secepat mungkin, tetapi ia tidak memberi perkiraan kapan pemilu akan diadakan.

Belakangan, militer melepas mantan PM Yingluck Shinawatra, meskipun tidak jelas apakah ia akan diizinkan untuk bergerak bebas.

Junta militer juga membiarkan pemimpin oposisi Suthep Thaugsuban dibebaskan dengan jaminan setelah dituduh melakukan pemberontakan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG