Tautan-tautan Akses

Pemimpin Korut Perintahkan Lebih Banyak Uji Coba Rudal Balistik


Korea Utara meluncurkan misil dari fasilitas peluncuran Sohae 7 Februari lalu (foto: dok).

Korea Utara meluncurkan misil dari fasilitas peluncuran Sohae 7 Februari lalu (foto: dok).

Kim Jong Un memerintahkan uji coba rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir “dalam waktu singkat.”

Media pemerintah Korea Utara mengatakan pemimpin negara itu, Kim Jong Un, telah memerintahkan uji coba rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir “dalam waktu singkat.”

Kantor berita Korea Utara KCNA menyatakan Kim memerintahkan uji coba ituu hari Selasa setelah mengawasi simulasi misil balistik yang berhasil masuk kembali ke atmosfir. KCNA mengatakan Kim memberikan perintah “untuk lebih meningkatkan ketahanan” kemampuan serangan Nuklir Korea Utara.

Uji coba itu, jika dilaksanakan, akan merupakan tentangan terhadap banyak sanksi PBB, termasuk seperangkat larangan baru yang keras yang disetujui oleh Dewan Keamanan PBB awal bulan ini. Pyongyang juga telah meningkatkan retorika keras dan berkobar-kobar terhadap Korea Selatan dan Amerika dalam beberapa hari ini, sementara kedua negara mengambil bagian dalam latihan militer gabungan tahunan.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye memperingatkan dalam pertemuan dengan para pejabat Kabinet hari Selasa bahwa Korea Utara bisa “menempuh jalan penghancuran diri sendiri jika tidak bergerak menuju jalan perubahan.”

Banyak pakar pertahanan di Korea Selatan dan di luar negeri telah menyatakan keraguan bahwa Korea Utara telah mengembangkan wahana yang dapat bertahan dengan panas yang membakar ketika masuk kembali ke atmosfer bumi, yang merupakan bagian penting membangun armada rudal jarak jauh yang handal yang dapat membawa hulu ledak nuklir. [lt]

XS
SM
MD
LG