Tautan-tautan Akses

Pemimpin Korut Kunjungi Pembangkit Listrik di Rusia


Kim Jong II melawat ke pembangkit tenaga air di Rusia (21/8)

Kim Jong II melawat ke pembangkit tenaga air di Rusia (21/8)

Utusan kawasan Kremlin, Viktor Ishayev, menyambut kereta khusus Kim dan memberinya tur di pembangkit listrik tenaga air Bureiskaya di kawasan Amur.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Il hari Minggu mengunjungi sebuah pembangkit listrik tenaga air di kawasan Rusia timur jauh dalam sebuah lawatan rahasia selama seminggu yang dimulai hari Sabtu.

Pejabat-pejabat lokal mengatakan utusan kawasan Kremlin, Viktor Ishayev, menyambut kereta khusus Kim dan memberinya tur di pembangkit listri tenaga air Bureiskaya di kawasan Amur.

Lawatan Kim dipenuhi kerahasiaan, tetapi media Korea Selatan dan Rusia hari Sabtu menyebutkan Kim minggu ini akan bertemu Presiden Rusia Dmitry Medvedev di kota Ulan-Ude di Siberia timur.

Berbagai laporan menyebutkan pembicaraan akan fokus pada mendapatkan tambahan bantuan makanan serta program nuklir Pyongyang.

Kremlin mengukuhkan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Il telah tiba di Rusia dan akan bertemu Presiden Dmitry Medvedev pada pertengahan pekan depan. Ia mengunjungi Rusia untuk pertama kali dalam hampir satu dekade ini.

Kim terakhir berkunjung ke Rusia tahun 2002 ketika ia bertemu dengan Presiden waktu itu Vladimir Putin di kota Vladivostok, Rusia timur.

Kunjungan Kim dilakukan satu hari setelah Rusia mengumumkan akan mengirim 50 ribu ton biji-bijian ke Korea Utara selambatnya akhir September. Para pejabat mengatakan pengiriman pertama dilakukan Jumat.

Korea Utara telah dilanda kekurangan pangan kronis, situasi yang bahkan diperburuk oleh banjir baru-baru ini.

XS
SM
MD
LG