Tautan-tautan Akses

Pemimpin Kongo, Rwanda Bertemu untuk Hidupkan Perundingan


Presiden DRC Joseph Kabila (kiri) berjabat tangan dengan seterunya, Presiden Rwanda Paul Kagame disaksikan oleh Sekjen PBB Ban Ki-moon (foto: dok).

Presiden DRC Joseph Kabila (kiri) berjabat tangan dengan seterunya, Presiden Rwanda Paul Kagame disaksikan oleh Sekjen PBB Ban Ki-moon (foto: dok).

Presiden DRC Joseph Kabila bertemu dengan seterunya, Presiden Rwanda Paul Kagame, dalam pertemuan hari Kamis di ibukota Uganda, Kampala, Kamis (5/9).

Para kepala negara dari kawasan Great Lakes di Afrika bertemu dalam upaya baru untuk mengakhiri pertempuran di Republik Demokratik Kongo antara angkatan bersenjata dan militan M23.

Presiden DRC Joseph Kabila bertemu dengan seterunya, Presiden Rwanda Paul Kagame, dalam pertemuan hari Kamis di ibukota Uganda, Kampala, yang diselenggarakan di bawah Konferensi Internasional kawasan Great Lakes.

Kantor berita Perancis melaporkan pemberontak dari gerakan M23 mengatakan siap untuk melanjutkan pembicaraan dengan pemerintah Kongo.

Laporan itu mengutip pemimpin pemberontak Bertrand Bisimwa yang mengatakan delegasi M23 sudah berada di Kampala dan siap bernegosiasi segera setelah permintaan untuk itu disampaikan oleh mediator.

M23 menguasai sebentar kota Homa di Kongo timur tahun lalu dan kini masih menguasai beberapa bagian provinsi Kivu Utara. Kelompok ini terdiri dari bekas pemberontak yang terintegrasi ke dalam militer Kongo dalam perjanjian damai 2009, tetapi kemudian meninggalkan tugas militer setelah mengeluhkan diskriminasi dan perlakuan buruk.
XS
SM
MD
LG