Tautan-tautan Akses

Pemimpin Jerman, Perancis, Spanyol Tinjau Lokasi Jatuhnya Pesawat


Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) , PM Spanyol Mariano Rajoy (kedua dari kiri) dan Presiden Perancis Francois Hollande (kedua dari kanan) mengunjungi lokasi kecelakaan pesawat di pegunungan Alpen di Le Vernet, Rabu (25/3).

Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) , PM Spanyol Mariano Rajoy (kedua dari kiri) dan Presiden Perancis Francois Hollande (kedua dari kanan) mengunjungi lokasi kecelakaan pesawat di pegunungan Alpen di Le Vernet, Rabu (25/3).

Presiden Perancis Francois Hollande, Kanselir Jerman Angela Merkel dan PM Spanyol Mariano Rajoy berbicara dengan para petugas penyelamat di lokasi jatuhnya pesawat di pegunungan Alpen, Rabu (25/3).

Para pemimpin Perancis, Jerman dan Spanyol berkumpul hari Rabu (25/3), dekat lokasi jatuhnya pesawat Germanwings Airbus A320 di Pegunungan Alpen, Perancis, yang menewaskan ke-150 penumpang di dalamnya.

Presiden Perancis Francois Hollande, Kanselir Jerman Angela Merkel dan PM Spanyol Mariano Rajoy berbicara dengan para pekerja SAR di sebuah lokasi di Seyne-les-Alpes. Lokasi itu tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat di kawasan resor ski. Pesawat itu jatuhsekitar satu jam setelah meninggalkan Barcelona, Spanyol menuju Dussseldorf, Jerman.

"Sahabatku Angela, dan Mariano," kata Hollande kepada mitranya, " Jangan khawatir, kita akan menemukan segalanya dan kita akan mengetahui segala sesuatunya tentang malapetaka ini.”

Ketua Penyelidik kecelakaan, Remi Jouty mengatakan timnya telah "berhasil mengeluarkan data yang dapat digunakan" dari perekam suara kokpit yang ditemukan beberapa jam setelah jatuh, dalam kondisi rusak berat. Kotak hitam itu sedang diperiksa di Paris, oleh pihak berwenang yang mendengarkan percakapan pilot-pilot itu pada saat terakhir sebelum kecelakaan.

Jouty mengatakan, petugas SAR sedang mencari kotak hitam ke-2 di tebing yang curam di mana pesawat itu jatuh. Jika kotak itu masih utuh, akan diperoleh informasi penting penerbangan itu. Presiden Hollande mengatakan, petugas SAR telah menemukan kotak hitam ke-2, tetapi dalam keadaan kosong.

Beberapa jam setelah kecelakaan, kotak hitam lainnya – yakni perekam suara kokpittelah ditemukan dan dalam kondisi rusak berat. Kotak hitam itu kini sedang menjalani pemeriksaan di Paris, untuk mengetahui kata-kata terakhir pilot sebelum kecelakaan.

Orang-orang dari 18 negara berada dalam pesawat itu, dengan 72 warga Jerman dan sedikitnya 35 warga Spanyol di antara para korban. Di antara yang tewas, termasuk sepasang penyanyi opera Jerman dam 16 remaja Jerman, bersama dua guru mereka, yang pulang dari tur sekolah ke Spanyol.

Pesawat tadi jatuh tanpa mengeluarkan sinyal bahaya. Lufthansa, perusahaan induk maskapai penerbangan murah Germanwings, mengatakan pihaknya memperlakukan kejatuhan itu sebagai kecelakaan pada saat ini.

Para pejabat mengatakan, puing-puing pesawat bertebaran di kawasan yang relatif kecil merupakan indikasi bahwa pesawat itu tidak mungkin meledak saat di udara.

Lufthansa mengingatkan bahwa setiap sebutan kemungkinan terorisme adalah spekulasi. Gedung Putih, untuk sementara, juga tidak melaporkan adanya kaitan dengan terorisme.

Germanwings mengatakan, pihaknya telah membatalkan beberapa penerbangan yang dijadwalkan untuk hari Rabu, karena para awaknya memohon untuk tidak terbang. Maskapai itu juga telah mengatakan mereka “kaget dan berduka-cita” karena kejatuhan pesawat tersebut dan menjanjikan penyelidikan penuh.

Satu dari perekam penerbangan telah ditemukan dan sedang dianalisa di Paris. Usaha pencarian di tempat kejatuhan pesawat dihentikan sementara Selasa malam.

Germanwings mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pihaknya telah membatalkan beberapa penerbangan yang dijadwalkan untuk Rabu karena para anggota awaknya memohon untuk tidak terbang. Maskapai itu juga telah mengatakan mereka “kaget dan berduka cita” karena jatuhnya pesawat tersebut dan menjanjikan penyelidikan penuh.

Sekitar 12 polisi pegunungan yang terlatih khusus mengawal tempat itu malam hari di bagian tenggara Perancis, sementara tim-tim pertolongan melakukan pencarian jenazah mulai Rabu pagi hari.

XS
SM
MD
LG