Tautan-tautan Akses

Pemimpin Jerman, Perancis Usulkan Perubahan Perjanjian Uni Eropa


Presiden Perancis Nicolas Sarkozy (kiri) dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengusulkan perubahan dalam perjanjian Uni Eropa.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy (kiri) dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengusulkan perubahan dalam perjanjian Uni Eropa.

Kanselir Merkel dan Presiden Sarkozy mengatakan perubahan itu untuk membuat kebijakan ekonomi UE lebih cocok bagi pengaturan zona euro.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan mereka akan mengusulkan perubahan dalam perjanjian Uni Eropa untuk membuat kebijakan ekonomi mereka lebih cocok dan meningkatkan pengaturan zona euro.

Dalam pertemuan hari Kamis di Strassbourg, keduanya juga sepakat untuk tidak mengajukan tuntutan yang saling bertentangan terhadap bank sentral Eropa untuk berbuat lebih banyak atau lebih sedikit untuk menolong zona mata uang bersama itu dari krisis yang semakin mendalam.

Presiden Perancis Sarkozy sebelumnya menghendaki tindakan yang lebih besar oleh bank sentral dalam krisis utang, sementara Kanselir Jerman Merkel menentangnya.

Keduanya bertemu dengan Perdana Menteri baru Italia Mario Monti, yang menjelaskan rencana penghematannya kepada pemimpin dari dua ekonomi utama Eropa itu. Krisis utang Italia mengancam akan memaksa negara itu untuk memohon dana talangan internasional, tetapi Monti memberi jaminan bahwa Italia akan menyeimbangkan anggarannya dalam tahun 2013. Ia menggantikan Perdana Menteri Silvio Berlusconi sebelumnya bulan ini.

Krisis keuangan dalam negara-negara ekonomi yang lebih lemah di zona euro, terutama Yunani, telah merongrong kestabilan euro dan menyebabkan keresahan pasar global. Rakyat di negara-negara tersebut keberatan atas langkah-langkah penghematan yang ketat yang diharuskan oleh para kreditur internasional.

Para pekerja Portugal yang menentang pemotongan anggaran melancarkan pemogokan nasional hari Kamis. Angkutan umum dan banyak pelayanan umum lain dihentikan karena ribuan buruh demonstrasi di Lisabon dan kota-kota lain.

XS
SM
MD
LG