Tautan-tautan Akses

Pemimpin Jepang, Korsel dan Tiongkok Kunjungi Fukushima


PM Jepang Naoto Kan (tengah) bersama Presiden Lee Myung-bak (kiri) dan PM Wen Jiabao (kanan) saat mengunjungi pusat evakuasi di Fukushima (21/5).

PM Jepang Naoto Kan (tengah) bersama Presiden Lee Myung-bak (kiri) dan PM Wen Jiabao (kanan) saat mengunjungi pusat evakuasi di Fukushima (21/5).

Ketiga pemimpin mengunjungi sebuah pusat evakuasi di Fukushima, menemui para pengungsi akibat bencana gempa dan tsunami.

Pemimpin Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok mengunjungi Fukushima, kota terdekat dengan fasilitas nuklir yang membocorkan radiasi sejak gempa dan tsunami tanggal 11 Maret yang lalu.

Ketiga pemimpin hari Sabtu mengunjungi sebuah pusat evakuasi untuk menemui orang-orang yang harus mengungsi karena bencana itu. Setelah kunjungan itu, mereka akan ke Tokyo untuk melakukan pertemuan puncak dua hari.

Pertemuan puncak, pertemuan tahunan keempat antara ketiga pemimpin, diduga akan terfokus pada upaya meningkatkan kerjasama untuk menangani bencana alam dan keamanan nuklir, dan juga isu-isu perdagangan. Jepang berharap pertemuan ini menjadi peluang untuk memperbaiki hubungan dengan Tiongkok yang tegang gara-gara pertikaian wilayah tahun lalu.

Persiapan pertemuan menemui hambatan ketika awal pekan ini PM Jepang Naoto Kan mengusulkan pembukaan pertemuan di Fukushima. Usul itu kemudian dibatalkan, dan ketiga pemimpin sepakat mengunjungi para pengungsi di Fukushima.

XS
SM
MD
LG