Tautan-tautan Akses

Pemimpin ISIS di Afghanistan Tewas


Para militan anggota kelompok ISIS di Afghanistan (foto: dok).

Pemimpin ISIS di Afghanistan telah tewas dalam sebuah penyerbuan di provinsi Nangarhar timur, kata para pejabat militer Afghanistan dan AS hari Minggu (7/5).

"Sheikh Abdul Hasib, pemimpin ISIS di provinsi Khorasan (ISIS-K) di Afghanistan, tewas dalam operasi gabungan Afghanistan-AS,” kata militer AS.

Puluhan pasukan khusus Afghanistan dan AS menewaskan Hasib serta 35 pejuangnya dalam operasi di sebuah wilayah berisi gua dan terowongan ISIS di distrik Achin, tambah pernyataan itu.

Para pemimpin tinggi ISIS lainnya juga dikatakan tewas dalam operasi itu.

Hasib diangkat tahun lalu setelah kematian pendahulunya, Hafiz Saeed Khan, mantan komandan Taliban Pakistan – dalam sebuah serangan pesawat tak berawak di provinsi yang sama di Afghanistan.

Meluas dari Irak dan Suriah dan dipicu meningkatnya militansi di Asia Tengah, ISIS meluncurkan operasi di wilayah Afghanistan-Pakistan dua tahun lalu, menyebutnya ISIS provinsi Khorasan province (IS-K) yang mencakup
Afghanistan, Pakistan dan wilayah lain di sekitarnya.

Hasib adalah otak di balik serangan mematikan terhadap sebuah rumah sakit militer di Kabul pada 8 Maret yang menewaskan lebih dari 30 orang dan melukai 80 lainnya, kata Istana Presiden Afghanistan dalam pernyataan. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG