Tautan-tautan Akses

Pemimpin Hong Kong Nyatakan Demonstrasi Berakhir


Pemimpin eksekutif Hong Kong Leung Chun-Ying (tengah) mengatakan demonstrasi 'Occupy' telah berakhir (foto: dok).

Pemimpin eksekutif Hong Kong Leung Chun-Ying (tengah) mengatakan demonstrasi 'Occupy' telah berakhir (foto: dok).

Namun, para aktivis pro-demokrasi mengatakan mereka akan kembali turun ke jalan setelah polisi membersihkan lokasi demonstrasi terakhir.

Pemimpin eksekutif Hong Kong Leung Chun-Ying mengatakan demonstrasi menduduki wilayah itu telah berakhir, tetapi para aktivis mengatakan mereka akan kembali turun ke jalan setelah polisi membersihkan lokasi demonstrasi terakhir, di mana berlangsung unjuk rasa selama lebih dari 10 minggu.

Berbicara pada wartawan hari Senin (15/12) Leung mengatakan “kegiatan pendudukan secara ilegal” itu telah berakhir, dan mengakibatkan Hong Kong menderita kerugian “sangat besar” dalam sektor ritel dan pariwisata.

Leung menyampaikan pernyataan setelah polisi membersihkan tenda-tenda demonstran pada ruas jalan di Causeway Bay dan menangkap lebih dari sepuluh orang yang menolak meninggalkan lokasi demonstrasi itu meski telah berulangkali diberi peringatan. Tidak ada laporan tentang terjadinya aksi kekerasan.

Sekelompok kecil demonstran meneriakkan kata “kami akan kembali” dan menyerukan kepada Leung untuk mengundurkan diri.

Aktivis pro-demokrasi Hong Kong Kenneth Chan termasuk diantara mereka yang ditangkap di Causeway Bay hari Senin. Ia mengatakan kepada VOA sebelum penangkapannya, para aktivis tidak perlu takut.

Causeway Bay adalah lokasi demonstrasi terkecil dari tiga lokasi yang didirikan para demonstran pada akhir September, untuk menuntut supaya Beijing mengijinkan pemilihan umum demokratis di Hong Kong pada tahun 2017. China mengatakan seluruh calon harus melewati proses pemeriksaan dan menolak tuntutan para demonstran.

XS
SM
MD
LG