Tautan-tautan Akses

Pemimpin Haqqani Tawarkan Ikut Pemerintahan Afghanistan dan Akhiri Kekerasan


Jalaluddin Haqqani, salah seorang pemimpin jaringan Haqqani di Afghanistan (foto: dok).

Jalaluddin Haqqani, salah seorang pemimpin jaringan Haqqani di Afghanistan (foto: dok).

Pemimpin Haqqani mengatakan, pihak AS mendesak kelompok mereka untuk meninggalkan kekerasan dan bergabung dengan pemerintah Afghanistan.

Seorang pemimpin pemberontak Afghanistan yang utama mengatakan Amerika menghubungi kelompok militannya untuk mendorong pihaknya agar meninggalkan kekerasan dan bergabung dengan pemerintah Afghanistan.

Dalam wawancara yang disiarkan Senin, komandan operasi jaringan Haqqani Siraj Haqqani mengatakan Amerika merupakan satu dari banyak negara yang badan intelijennya minta kelompok itu mengakhiri pemberontakan.

Ia mengatakan kontak-kontak itu merupakan usaha menciptakan ketegangan dalam tubuh Haqqani. Jaringan Haqqani bersekutu dengan Taliban, kelompok pemberontak Afghanistan yang utama.

Dalam wawancara itu Haqqani membantah tuduhan pejabat Afghanistan bahwa jaringannya punya peran dalam pembunuhan Burhanuddin Rabbani, utusan perdamaian Afghanistan pada 20 September lalu.

Seorang pembom bunuh diri yang berpura-pura hendak menyampaikan pesan damai dari Taliban membunuh mantan presiden Afghanistan itu di rumahnya di Kabul. Penguasa Afghanistan mengatakan pembomnya adalah seorang warga Pakistan dan serangan itu direncanakan di Quetta, Pakistan.

XS
SM
MD
LG