Tautan-tautan Akses

Pemimpin Eropa Setujui Rencana Penghematan Italia


Kabinet PM Berlusconi menyetujui langkah-langkah penghematan bernilai sekitar 63 miliar dolar (12/8).

Kabinet PM Berlusconi menyetujui langkah-langkah penghematan bernilai sekitar 63 miliar dolar (12/8).

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet menyatakan menghargai rencana penghematan Italia itu.

Perdana Menteri Italia mengatakan rencana terbaru pemerintahnya untuk memangkas pengeluaran dan menaikkan pajak mendapat persetujuan dari para pejabat tinggi Eropa lainnya.

Silvio Berlusconi mengatakan kepada kantor berita Italia hari Sabtu bahwa ia telah berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet, dan keduanya menyatakan menghargai rencana Italia itu.

Kabinet Berlusconi menyetujui langkah-langkah penghematan bernilai sekitar 63 miliar dolar, hari Jumat. Langkah itu akan mengurangi 28 miliar dolar dari anggaran negara tahun depan, dan 35 miliar dolar pada tahun 2013.

Para pendukung menyatakan kombinasi pemangkasan pengeluaran dan kenaikan pajak akan menyeimbangkan anggaran Italia pada tahun 2013, sesuai dengan permintaan Bank Sentral Eropa.

Para pejabat Italia berharap rencana penghematan itu dapat menenangkan kekhawatiran para investor bahwa Italia mungkin akan menjadi korban krisis utang Eropa yang berikutnya.

XS
SM
MD
LG