Tautan-tautan Akses

Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat kepada Presiden Terpilih Perancis


Presiden Perancis Francois Hollande (kanan) yang akan segera mengakhiri masa tugasnya, menggamit lengan President terpilih Emmanuel Macron, saat menghadiri upacara untuk menandai diakhirinya Perang Dunia II di Tomb of the Unknown Soldier (Tugu Peringatan untuk Tentara-tentara yang tidak dikenal) di the Arc de Triomphe, Paris, 8 Mei 2017. (Foto: REUTERS/Francois Mori)

Para pemimpin dunia dan para tokoh politik lain telah mengirim ucapan selamat kepada presiden terpilih Perancis, Emmanuel Macron, atas kemenangannya dalam pemilihan presiden Perancis.

Presiden Amerika Donald Trump melalui akun twitternya menuliskan, “Selamat kepada Emmanuel Macron atas kemenangan besarnya hari ini sebagai presiden Perancis. Saya sangat berharap untuk bekerja sama dengannya!.”

Trump tidak secara terbuka mendukung salah satu calon sebelum pemilihan, tetapi ia diketahui pada umumnya lebih menyukai pandangan Marine Le Pen.

Mantan calon presiden Amerika Hillary Clinton, pemimpin hak sipil Amerika Jesse Jackson dan walikota New York Bill de Blasion, antara lain, menyampaikan selamat kepada Macron dan rakyat Perancis atas hasil pemilihan presiden itu.

“Kemenangan Anda adalah kemenangan Eropa yang bersatu dan kuat dan bagi persahabatan Perancis-Jerman,” kata juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel dalam pernyataan.

Macron berbicara dengan Merkel setelah kemenangannya diumumkan, dan memberitahu Merkel bahwa ia akan berkunjung ke Berlin segera.

Seorang juru bicara Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan dalam pernyataan bahwa May, “dengan hangat mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih Macron atas keberhasilan pemilihannya. Perancis adalah salah satu sekutu terdekat kami dan kami berharap akan bekerjasama dengan presiden baru dalam berbagai prioritas bersama.

May juga menyinggung Brexit dengan Macron, dengan mengatakan, "Inggris menghendaki kemitraan kuat dengan Uni Eropa yang aman dan makmur segera setelah Inggris keluar,” tambah juru bicara tadi.

Para pemimpin Uni Eropa juga mengucapkan selamat kepada Macron. “(Kami) Gembira, karena Perancis memilih masa depan Eropa,” tulis Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker melalui Twitter.

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk mengatakan Perancis telah memilih “kebebasan, persamaan dan persaudaraan” dan “menolak tirani berita palsu.”

Dalam pesan yang dimuat hari Senin pada situs internet Kremlin, Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada Macron dan memintanya agar “mengatasi perasaan saling tidak percaya dan bersatu untuk memastikan kestabilan dan keamanan internasional.” [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG