Tautan-tautan Akses

Pemimpin Dunia Menuju Afrika Selatan untuk Pemakaman Mandela


Foto Nelson Mandela di layar digital untuk upacara pemakaman di stadion First National Bank di Johannesburg, 9 Desember 2013.

Foto Nelson Mandela di layar digital untuk upacara pemakaman di stadion First National Bank di Johannesburg, 9 Desember 2013.

Afrika Selatan menyatakan lebih dari 80 kepala negara, anggota kerajaan dan para pejabat tinggi pemerintahan dari seluruh penjuru dunia yang datang ke acara penghormatan untuk Mandela.

Para pemimpin dari seluruh penjuru dunia menuju ke Afrika Selatan untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Nelson Mandela, tokoh anti apartheid yang meninggal minggu lalu di usia 95, hari Selasa.

Presiden Amerika Barack Obama pergi dari Washington Senin pagi, ditemani oleh ibu negara Michelle Obama, dan mantan presiden George W. Bush dan istrinya Laura. Mantan presiden Bill Clinton dan Jimmy Carter pergi terpisah ke Johannesburg, di mana upacara penghormatan utama akan diadakan di stadion Soccer City, tempat Piala Dunia 2010.

Afrika Selatan menyatakan lebih dari 80 kepala negara, anggota kerajaan dan para pejabat tinggi pemerintahan dari seluruh penjuru dunia yang datang ke acara penghormatan untuk Mandela. Ia menjadi presiden berkulit hitam pertama Afrika Selatan di tahun 1990an setelah dipenjara selama 27 tahun karena memimpin perjuangan melawan dominasi kulit putih.

Menteri Luar Negeri Maite Knoana-Mashabane mengatakan sudah ada "minat besar" dari pemimpin dunia untuk menghadiri upacara penghormatan yang akan diadakan dengan pengamanan yang ketat. Obama adalah satu di antara para pemimpin yang akan menyampaikan pidato di depan 80.000 orang.

Perdana Menteri Inggris David Cameron, Presiden Perancis Francois Hollande, Presiden Brazil Dilma Rousseff, Presiden Kuba Raul Castro dan Sekjen PBB Ban Ki-moon adalah beberapa pemimpin dunia yang sudah menyampaikan rencana mereka pada pemerintah Afrika Selatan untuk menghadiri upacara untuk Mandela.

George H.W. Bush adalah satu-satunya mantan presiden Amerika yang masih hidup yang tidak menghadiri acara tersebut. Juru bicara beliau mengatakan Bush yang sudah berusia 89 tahun tidak bisa melakukan perjalanan jarak jauh.

Pembawa acara talk show Amerika Oprah Winfrey dan penyanyi Irlandia yang juga aktivis Bono, begitu juga miliuner Inggris Richard Branson juga akan hadir.

Ratusan karangan bunga diletakkan di luar rumah Mandela di Johannesburg. Cucunya, Mandla Mandela, menyanyi dan menari bersama dengan kerumunan orang yang berduka hari Senin ketika ia sampai di pagar rumah untuk menyampaikan penghormatannya.

Tubuh Mandela tetap diletakkan di Union Buildings hari Rabu, Kamis dan Jumat di Pretoria, kota resmi pemerintahan Afrika Selatan

Upacara penghormatan dan serangkaian acara lainnya akan berakhir pada pemakaman Mandela pada 15 Desember di rumah masa kecilnya di Qunu.

XS
SM
MD
LG