Tautan-tautan Akses

Pemimpin Asia Pasifik Janjikan Kerjasama Ekonomi Lebih Erat


Para pemimpin negara-negara yang menghadiri KTT APEC di Nusa Dua, Bali, berfoto bersama seusai acara (8/10).

Para pemimpin negara-negara yang menghadiri KTT APEC di Nusa Dua, Bali, berfoto bersama seusai acara (8/10).

Negara-negara Asia Pasifik menjanjikan kerjasama ekonomi yang lebih erat, saat mereka mengakhiri pertemuan puncak tahunan para pemimpin di Indonesia, Selasa (8/10).

Pernyataan akhir Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) menyebutkan bahwa konektivitas yang lebih baik dapat membantu mengatasi kepulihan ekonomi global yang rawan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan KTT dua hari di pulau Bali berlangsung sukses. Deklarasi akhir kelompok beranggotakan 21 negara itu juga berjanji akan melindungi bahan pangan, energi dan air dari ancaman perubahan iklim.

Pertemuan tersebut diperkirakan akan memajukan pembicaraan mengenai blok perdagangan yang dipimpin Amerika, dikenal sebagai Kemitraan Trans-Pasifik (TPP), yang diharapkan Amerika akan selesai akhir tahun ini.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Selasa (8/10) bertemu dengan para pemimpin 11 negara APEC yang bergabung dalam TPP. Belum ada keterangan mengenai kemajuan dalam pembicaraan tersebut.

Kerry mewakili pemerintah Amerika dalam pertemuan itu untuk menggantikan Presiden Barack Obama, yang membatalkan keberangkatannya untuk menangani perselisihan anggaran dalam negeri yang menyebabkan penutupan sebagian kegiatan pemerintah federal Amerika.
XS
SM
MD
LG